Liputan Khusus Tren Glow Up

Viral Remaja Glow Up Dalam 2 Tahun, Wajah Jerawat Jadi Mulus Bikin Penasaran

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 08 Feb 2021 09:16 WIB
Septi Rizma Kartika yang berhasil glow up. Foto: Dok. akun TikTok @kitkatgreenteaaaaa.
Jakarta -

Tren glow up semakin populer semenjak viral di media sosial khususnya TikTok. Beragam cerita pun diunggah oleh pemilik akun media sosial. Mulai dari memperlihatkan video saat masih obesitas dan wajah yang kusam sebelum glow up, hingga akhirnya langsing dan berubah menjadi lebih baik.

Salah satunya remaja yang berhasil glow up dan kisahnya viral ialah Septi Rizma Kartika. Lewat akun TikToknya @kitkatgreenteaaaaa, ia membagikan video perubahan wajah dan berat badannya. Pada video pertama yang diunggah dia memperlihatkan penampilannya pada 2018 saat masih duduk di bangku sekolah memakai hijab dan seragam putih. Lalu kini berubah wajahnya semakin glowing dan pipinya semakin tirus.

"2018 HAHAHAH MALU BGT #fyp," tulis singkat akun TikTok @kitkatgreenteaaaaa.

Sontak video tersebut langsung menjadi perhatian warganet. Hingga Sabtu (6/2/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 1 juta kali, mendapat 104 ribu Likes dan 3.128 komentar. Warganet ada yang penasaran dengan skincare yang digunakannya dan ada juga yang takjub.

Septi Rizma Kartika yang berhasil glow up.Septi Rizma Kartika yang berhasil glow up. Foto: Dok. akun TikTok @kitkatgreenteaaaaa.

"Rekomendasi skincare untuk menyamarkan pori pori apa woy," tanya akun @Aquarius.

"Spil skincare rutinnya kakkkkkk!!!!! gamau tau hrs spil. ini maksa yaaaaa," ujar akun @カニヤ.

"Dalam jangka 2 tahun glow up nya bukan maen, lah gw gini gini mulu," takjub akun @Siape lu.

"Gua yang kagak ngerti kenapa orang2 bisa pada cepet glow up. ini gua yg kagak punya duit apa gimana sih," penasaran akun @Sindy Widya S.

"Tenang gais semua pasti bisa glow up kok semangatt," saut akun @neisyapramesti.

Konfirmasi Wolipop

Septi Rizma Kartika yang berhasil glow up.Septi Rizma Kartika yang berhasil glow up. Foto: Dok. akun TikTok @kitkatgreenteaaaaa.

Wolipop menghubungi Septi Rizma Kartika atau biasa dipanggil Cima yang video glow up miliknya viral. Ia mengaku hanya iseng mengunggah video perubahannya sejak 2018.

"Itukan aku ngepost di second akun TikTok. Awalnya memang buat ngegalau gitu karena kalau di first account itu malu terus. Aku pun sebenernya ngepost itu bener-bener iseng doang. Aku kaget sih jujur pas yang Likes sudah ribuan," kata Cima, Kamis (4/2/2021).

Remaja 18 tahun ini menceritakan kisah di balik video TikToknya tersebut. Cima mengatakan penampilannya memakai seragam sekolah yang diunggahnya itu adalah saat dia duduk di kelas 1 SMA pada 2018. Dan kini dia sudah kuliah semester dua.

Dulu setiap keluar rumah, ia selalu menggunakan makeup untuk menutupi jerawat. Dan mulailah ia mencoba memakai skincare yang dibelikan oleh sang ibunda.

"Prinsip aku itu gini, waktu dulu 'Lu make up keluar ya udah nutupin semua jerawat lu.' Nah dulu aku suka banget make up, eh lama-lama ya kali tiap saat makeup. Akhirnya aku beli skincare lah," kenang Cima yang saat itu masih berusia 16 tahun.

Remaja yang tinggal di Tangerang ini mengatakan keinginan glow up datang dari dalam dirinya sendiri. Dia ingin mempunyai wajah yang mulus tanpa jerawat. Dia juga mau lebih percaya diri keluar rumah tanpa harus menggunakan makeup.

Selain mulai rutin merawat wajah dengan skincare, Cima juga berusaha menurunkan berat badannya. Pada 2018, berat badannya sekitar 76 kg. Namun dia baru melakukan diet pada awal 2020. Dia memilih menjalani diet yang santai, agar ia tidak terbebani.

"Awal diet sekitar 2020, aku lupa persisnya. Soalnya kan baru-baru ini aku diet. Dan sekarang beratku sudah 60 kg. Jadi turun 10 kg selama 3-4 bulan belakangan ini. Aku masih tetap proses diet sampai mencapai target ke 50 kg. Sebenernya diet kebantu sama lagi pandemi gini kan. Jadi dari orangtua pun terutama papa itu mendukung banget aku diet. Meskipun kadang abang terus mama masih tetap kaya nggak dukung cuma ya ini kan buat diri aku sendiri," terangnya.

Pola makan yang ia terapkan adalah menjaga porsi makanan yang ia konsumsi sehari-hari. "Soalnya sekarang jadi sering hitung kalori pakai aplikasi dan juga aku stop nasi sama olahraga paling lama 1 jam, paling sebentar 30 menit," jelas Cima.

Buah usahanya untuk menjadi glow up itu sudah dirasakannya. Cima merasakan perbedaan dirinya yang dulu dan sekarang.

"Sekarang lebih enak aja lihat diri sendiri, sama lebih bangga aja sih. Selain itu ukuran baju, celana juga sekarang malah jadi kegedean banget. Terus juga omongan orang itu banyak banget yang tiba-tiba kaya bilang 'Cima kurusan banget, kok lu sekarang cantik dah, ihhhh kok kurusan, widih sudah Glow up, ih ko sekarang kecilan.' Senang sih ada yang notice gitu," ucapnya haru.

Ia menyebutkan jika usahanya ini dilakukan secara konsisten dan harus ikhlas. Dengan dua hal tersebut bisa mencapai hasil yang ia inginkan.

"Nggak ada kata terlambat buat berubah lebih baik, cuma sekarang masalahnya di diri kamunya aja. Mau sampai titik itu atau nggak? Jadi balik diri masing-masing. Nggak harus buru-buru, nggak papa perlahan aja asal kamu niat, berusaha, konsisten, dan sabar. Kamu pun ikhlas jalaninnya Insya Allah dikasi jalan," pungkasnya.

(gaf/eny)