Liputan Khusus Tren Glow Up

Dulu 100 kg Kini 58 kg, Kisah Glow Up Wanita Ini Viral Ditonton Jutaan Kali

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Feb 2021 16:35 WIB
Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up. Foto: Dok. Instagram @fifindrty.
Jakarta -

Mempunyai wajah yang glowing dan tubuh ideal merupakan dambaan bagi sebagian wanita. Oleh karena itu, tak sedikit wanita berlomba-lomba untuk mengubah diri menjadi lebih baik atau glow up. Demi glow up, mereka diet, olahraga hingga perawatan wajah.

Seperti yang dilakukan oleh Annisa Findarty yang kisahnya setelah glow up viral ditonton jutaan kali di TikTok. Dalam video yang diunggah lewat akun TikToknya @fifindrty Fifin panggilan akrabnya memperlihatkan penampilannya saat masih SMA hingga kemudian bentuk badannya semakin kurus dan membuatnya terlihat pangling.

"Cape nyari fotonya #fyp gak nih #fypシ #dietchallenge #weightloss #LompatSetinggiBintang #jagoUTBK," TikToknya @fifindrty.

@fifindrty

Cape nyari fotonya ##fyp gak nih ##fypシ ##dietchallenge ##weightloss ##LompatSetinggiBintang ##jagoUTBK

♬ Nayla cantik banget - nay

Hingga Sabtu (6/2/2021) video Fifin itu sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali, mendapat 251 ribu Likes dan 5.829 komentar. Warganet yang membanjiri kolom komentar, ada yang minta tips dan mengungkapkan rasa takjub mereka perubahan Fifin.

"Minta tipsnya ya kakak sekaligus turun berapa kg nya:)," tanya akun @Cacaa.

"Apalah dayaku yang selalu tanya tips diet tapi baru ngejalanin sehari eh khilaf," ujar akun @panggilsajaOi.

"Dibully karna gendut sakit banget yaDan doa in ya biar bisa kurus:)," ucap akun @Aini.

"Demi apa woii cantik bett," takjub akun @kateseskero.

"Definisi yang sebenarnya dari "usaha tidak mengkhianati hasil"semangat terus," timpal akun @gatau lupa.

Cerita Fifin Menurunkan Berat Badan dari 100 Kg Jadi 58 Kg

Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up.Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up. Foto: Dok. Instagram @fifindrty.

Wolipop menghubungi wanita yang tinggal di Kalasan, Sleman, Yogyakarta itu untuk mengetahui lebih lanjut kisah glow up dirinya yang viral. Fifin mengaku awalnya hanya iseng membuat video perubahannya tersebut.

"Awalnya cuma iseng bikin video itu dan nggak berharap banyak bisa FYP sampai seramai itu. Saya merasa senang dan berharap dapat menginspirasi banyak orang dengan video TikTok saya," kata Fifin kepada Wolipop.

Ia pun menceritakan bagaimana perjalanannya menurunkan berat badan. Sebelumnya pada 2018 berat badan Fifin mencapai 100kg. Dia mulai diet pada 2019 dan dalam tiga bulan bekerja keras menurunkan bobot tubuhnya, dia mulai merasakan dampak positifnya. Hingga pada Januari 2021, beratnya susut menjadi 58kg.

"Perjalanan diet saya lumayan penuh perjuangan saya tidak mengenal kata menyerah hingga saya menurunkan 42 kg. Setiap hari saya joging sepulang sekolah, menjaga makan dan saya mulai merawat kulit saya," jelas mahasiswi semester dua jurusan manajemen Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Fifin menuturkan yang memicunya untuk glow up karena ia sudah merasa tidak nyaman dengan komentar negatif yang kerap ia terima. Saking berlebihnya berat badannya, dia sampai tidak dipanggil lagi dengan nama aslinya Fifin.

"Bahkan teman yang memanggil saya dengan Fifin sudah jarang saya temui. Kebanyakan memanggil saya dengan ndut, mbrot, gajah, sumo. Pernah ada video tentang kebudayaan Jepang dan di situ ditampilkan sumo, salah satu teman saya mengatakan bahwa itu adalah saya. Di saat suasana hati tidak baik saya tiba-tiba menangis," kenangnya.

Tak hanya itu saja, Fifin menambahkan kadang dia merasa teman laki-laki juga ada yang tidak ingin berteman dengannya. Para kaum Adam hanya ingin berteman apabila ada keperluan.

"Dan juga saya merasa sulit saat memilih pakaian yang sedang tren pada masanya bahkan pakaian saya seperti ibu-ibu. Saya diet dengan tujuan awal yang sebenarnya adalah untuk menjaga kesehatan dan agar lebih percaya diri ya meskipun saya sudah cukup percaya diri di waktu itu. Pada akhirnya saya bertekad untuk diet," terangnya.

Kesulitan Saat Mencoba Glow Up Menurunkan Berat Badan

Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up.Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up. Foto: Dok. Instagram @fifindrty.

Keinginan Fifin untuk glow up tak semulus yang dibayangkan. Dia mengaku ada beberapa godaan ketika ia ingin mengubah pola makannya.

"Kesulitan yang saya rasakan saat ingin glow up yaitu ketika teman atau keluarga mengajak makan di luar atau jajan makanan yang kurang sehat seperti seblak, mie, sushi dan lainnya," lanjutnya.

Kesulitan lainnya adalah ketika Fifin membagi jadwal untuk olahraga dan mengerjakan tugas. "Hal yang saya lakukan untuk hal itu seperti membawa makanan sehat sendiri dari rumah karena saya tidak mengonsumsi nasi, mie, makananan yang mengandung minyak terlalu banyak dan manis. Mengatasi kesulitan kedua saya membuat jadwal dan planing untuk kegiatan setiap hari saya. Kunci diet menurut saya adalah disiplin, konsisten, jangan mudah tergoda," lanjutnya lagi.

Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up.Annisa Findarty atau biasa disapa Fifin yang berhasil glow up. Foto: Dok. Instagram @fifindrty.

Setelah berhasil menurunkan berat badannya dari 100 kg hingga kini 58 kg, Fifin merasakan hasil positif dari kerja kerasnya. Dia kini lebih sehat dan merasa lebih dihargai.

"Hal yang saya rasakan badan terasa lebih sehat dan lebih dihargai tidak lagi di bully. Sekarang merasa lebih mudah dalam mencari pakaian yang sesuai dengan usia saya, karena sewaktu belum diet ,saya selalu menggunakan model-model seperti orang yang lebih tua dari saya," pungkasnya.

(gaf/eny)