Kenali 4 Jenis Kebiasaan Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Berat Badan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 04 Feb 2021 19:09 WIB
Serene calm young woman sleeping well on orthopedic soft pillow under warm duvet in comfortable cozy fresh bed having good night peaceful healthy sleep enjoying nap dreams resting enough concept Foto: iStock
Jakarta -

Berdasarkan klasifikasi yang dibuat psikolog Michael J. Breus, Ph. D, kebiasaan tidur manusia dibagi menjadi empat jenis, yakni lumba-lumba, singa, beruang, dan serigala. Menggunakan nama hewan, tipe-tipe tersebut memang diambil dari kronotipe yang mengacu pada waktu tidur dan aktivitas seekor binatang. Tak hanya bisa menggambarkan jam tidur dan berkegiatan, pakar juga menggunakan kronotipe untuk mewanti-wanti soal kesehatan. Menurut pakar tidur Olivia Arezzolo, berikut empat kebiasaan tidur dan pengaruhnya terhadap berat badan.

Serigala
Kamu adalah kronotipe serigala jika sering tidur lewat tengah malam. Karena itu, tak jarang kamu baru aktif sekitar 09:00 hingga 13:00. Tak selalu buruk, banyak orang merasa lebih kreatif atau produktif ketika matahari tenggelam. Namun Olivia menyarankan agar para serigala menjaga agar tidak terlalu banyak makan saat begadang. Selain untuk menjaga berat badan, mengurangi makan malam juga penting untuk kualitas tidur.

"Mereka yang sering makan di malam hari (salah satu karakteristik serigala) terbangun 11 kali lebih sering dari pada orang yang makan sedikit," katanya.

Lumba-lumba
Sedangkan kronotipe lumba-lumba paling sering mengalami insomnia. Lumba-lumba sendiri hanya menggunakan setengah otak mereka untuk tidur. Artinya sebagian otak mereka masih terjaga karena harus tetap berenang dan menjaga diri dari predator.

Karena kebiasaan tidur itu mereka kerap merasa ngantuk karena kurang tidur di malam hari, saat siang kamu akan merasa butuh makanan atau minuman manis untuk lebih berenergi. Sebab itu, para 'lumba-lumba' perlu memperhatikan asupan gula begitu juga dengan karbohidrat agar terhindar dari diabetes dan obesitas,

Singa
Kebalikan dari serigala, kronotipe singa biasanya aktif di pagi hari. Kamu yang punya kebiasaan tidur seperti singa mudah bangun pagi dan sudah bisa tidur pukul 22:00. Kebiasaan ini memang cenderung sehat karena bisa mengatur jam tidurnya dengan baik dan dapat menjalani hari dengan produktif.

Agar kamu tetap bersemangat selama menjalani kegiatan yang padat, disarankan untuk mengisi perut dengan kenyang dan bernutrisi di awal hari. Kemudian kurangi porsinya menjelang malam. "Sarapan seperti raja, makan siang seperti putri, dan makan malam seperti orang miskin ada benarnya," ujar Olivia.

Beruang
Paling banyak orang punya kebiasaan tidur kronotipe beruang. Sebanyak 55% populasi dunia akan bangun pada pukul 07:00 sehingga bisa memulai hari lebih awal dibanding serigala. Tapi biasanya kamu akan merasa kelelahan dan butuh energi tambahan pada 15:00-16:00. Di saat itu lah, kamu akan ngidam makanan manis atau camilan lain yang bisa berkontribusi pada kenikan berat badan. Ngemil sore tentu boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan dan memilih opsi yang sehat.

(ami/ami)