Seperti Apa Kebiasaan Tidur Kamu? Lumba-lumba, Beruang, Singa, Atau Serigala

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 14 Sep 2020 19:00 WIB
Theres nothing better than a lie in. Woman sleeping in bed. Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang punya jam biologisnya masing-masing. Karena itu, jadwal tidur dan bangun hingga cara kita menjalani hari mungkin juga berbeda-beda. Berdasarkan klasifikasi yang dibuat psikolog Michael J. Breus, Ph. D, kebiasaan tidur manusia dibagi menjadi empat kronotipe yang menyerupai hewan-hewan seperti lumba-lumba, singa, beruang, dan serigala. Kebiasaan tidur binatang apa yang paling menyerupai jam tidur kamu sehari-hari?

1. Lumba-lumba

Common dolphins swim close to a boat carrying an environmentalist team working to protect Cetaceans in the Mediterranean Sea near La Ciotat, southern France, on June 23, 2020. (Photo by Christophe SIMON / AFP) Foto: AFP/CHRISTOPHE SIMON

Tak banyak yang tahu fakta mengenai gaya tidur lumba-lumba. Ikan laut tersebut ternyata hanya menggunakan setengah otak mereka untuk tidur. Artinya sebagian otak mereka masih terjaga karena harus tetap berenang dan menjaga diri dari predator. Tak sedikit manusia yang tidur seperti lumba-lumba. Umumnya mereka mudah bangun pagi tapi sulit tidur ketika malam bahkan sering mengalami insomnia.

Saat menjalani hari, kronotipe umpa-lumpa umumnya bisa produktif sepanjang hari meski kadang akan mudah lelah jika semalam sebelumnya kurang tidur. Mereka juga cenderung akan melewatkan makan atau merasa tidak tenang karena istirahatnya kurang berkualitas. Karena itu, Dr Breus menyarankan untuk teratur makan dan hindari hal-hal yang bisa bikin kamu terjaga sampai malam. Waktu terbaik tipe ini untuk bekerja adalah hingga pukul 18:00.

2. Singa

Singa Afrika di Kebun Binatang LA Hubert dan Kalisa Foto: CNN

Tidur seperti singa bukan berarti kamu butuh sepanjang hari untuk istirahat. Singa adalah binatang yang butuh tidur saat malam karena mereka harus bangun subuh dan berburu makanan.Kronotipe singa umumnya dapat mudah terlelap dan juga mudah bangun saat paginya. Mereka termasuk tepat waktu dan hampir selalu tidur dan bangun di jam yang sama. Seperti singa, mereka juga bisa langsung bekerja setelah bangun dari tidur.

Karena bangun pagi, banyak orang tipe ini yang merasa kelelahan saat sore. Untuk itu, hindari bekerja lebih dari pukul 17:00 agar tetap efektif. Agar harus semakin produktif disarankan untuk sarapan tinggi protein di pagi hari dan jangan rutin lupa olahraga atau meditasi.

3. Beruang

Perubahan iklim berdampak pada ancaman kepunahan bagi beruang kutub. Hewan karnivora itu dibayangi ancaman kepunahan pada 2100 imbas es yang kian susut di kutub Foto: Getty Images

Kronotipe beruang biasanya adalah orang-orang yang butuh menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur walau pada kenyataannya tak selalu demikian. Jadwal tidur mereka bisa dibilang seimbang karena bisa dengan mudah terlelap dan bangun jika diperlukan. Tak seperti dua tipe sebelumnya, beruang baru bisa fokus pada pukul 10:00.

Untuk bekerja, tingkat energi beruang umumnya memuncak di siang hari dan berakhir sekitar pukul 18:00. Agar tetap konsentrasi disarankan untuk mengambil beberapa kali istirahat terlebih sekitar pukul 14:00 mereka sering merasa lelah. Ketika itu, coba minum teh atau ngemil kacang-kacangan sehat.

4. Serigala

Polar Park NorwegiaFoto: (CNN Travel)

Lebih terbiasa untuk tidur saat lewat tengah malam? Kamu adalahkronotipe serigala. Tak selalu buruk, banyak orang juga merasa lebih kreatif atau produktif ketika malam. Namun salah satu dampak kurang baik dari tidur seperti serigala adalah mereka kurang sinar matahari pagi sehingga menyebabkan linglung ketika bekerja.

Jika kamu masuk dalam kronotipe serigala, jam kerja terbaiknya adalah mulai pukul 12:00 hingga 20:00. Tak seperti kebanyakan orang yang mulai lelah pukul 17:00, di sore hari kamu malah lebih bersemangat. Meski tidur malam adalah hal yang wajar untuk tipe ini, disarankan untuk menghindari istirahat di atas pukul 23:00.

(ami/ami)