Viral Kisah Ibu-ibu Dilarang Suami Periksa USG Saat Hamil, Ini Kata Dokter

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 08 Jan 2021 17:32 WIB
ilustrasi USG Pemeriksaan USG kehamilan. Foto: iStock
Jakarta -

Curhatan ibu hamil ini viral di media sosial. Dia mengaku dilarang suaminya melakukan pemeriksaan USG. Benarkah USG membahayakan janin?

Dalam curhatannya, wanita yang identitasnya tak disebutkan itu mengaku sedang hamil sembilan minggu. Dia sebenarnya berencana melakukan pemeriksaan USG.

"Bun, aku mau curhat nih.. Aku kn pnya suami dan skrang aku lgi hamil baru 9week, naah rencana nya itu aku pgen USG minggu depan. Tapi kmren pas ada kumpul kluarga adik ipar aku nyaranin katanya USG 2xbaja ktanya bahaya dan ipar2ku yg pda bilang gtu juga bund," tulisnya mencurahkan isi hati.

Ibu hamil tersebut mengaku tak bisa meyakinkan suaminya untuk mengizinkannya melakukan pemeriksaan USG. Dia pun khawatir dibilang 'sok pintar' oleh sang suami jika ngotot tetap ingin USG.

"Pdhal aku baca tentang parenting dari sumber terperaya, mlah suami aku gk prnah baca. Klo aku suruh baca pasti jawabannya iya2 doang abis itu aku dikira sok pinter. Dan dibilang ngeyel gk nurut suami," lanjut bumil yang khawatir jika janinnya tak mendapat pemeriksaan USG itu.

Apakah memang USG membahayakan janin seperti yang dikatakan suami dan ipar dari wanita yang curhatannya viral tersebut? Nyatanya, USG (Ultrasonography) adalah hal yang penting dilakukan selama masa kehamilan.

Pregnant woman at the doctor. Ultrasound diagnostic machine. ultrasound transducer woman pregnant doctor prenatal care clinic conceptIbu hamil melakukan pemeriksaan USG. Foto: iStock

Seperti dikutip dari HaiBunda.com, USG dapat membantu ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin yang sedang diandung. Bahkan karena semakin canggihnya teknologi, ibu hamil bisa melihat wajah janin dengan USG. Dan sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ultrasound yang terbatas selama kehamilan tidak akan menyakiti bayi.

Saat ini, USG sangat mudah dilakukan dan dapat sangat dijangkau oleh masyarakat. USG tidak hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang besar, tapi bisa juga dilakukan di puskesmas terdekat dari rumah.

Bagaimana cara kerja alat USG? USG mengirimkan gelombang suara ke seluruh tubuh untuk melihat sekilas jaringan dan organ bayi. Alat ini sangat berguna untuk mengamati perkembangan janin, dan dapat mendeteksi kelainan dalam rahim, termasuk beberapa yang dapat diatasi sebelum bayi lahir.

"Ada kemungkinan yang jauh lebih tinggi bahwa semua jenis cacat lahir dapat diidentifikasi dengan USG," kata Bart Putterman, MD, seorang OB-GYN di Paviliun Anak Texas untuk Wanita di Houston, dikutip dari Parents.

Selama prosedur 15 hingga 30 menit, sonografer atau seseorang yang terlatih untuk melakukan ultrasound mengoleskan gel ke perut Bunda. Dia kemudian menggunakan tongkat khusus yang disebut transduser yang memancarkan gelombang suara untuk membuat gambar bayi di layar.

Bagaimana dengan keamanan USG? KLIK DI SINI untuk mengetahui apa kata pakar dan dokter tentang kekurangan dan kelebihan USG.



Simak Video "Momen Pengantin Pria Gendong Istri Seberangi Sungai di Polman"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)