7 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 23 Jun 2020 07:00 WIB
masalah rambut dan akibat tidur dalam keadaan rambut basah Ilustrasi bahaya Tidur dengan Rambut Basah. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Apakah kamu termasuk orang yang suka tidur dengan rambut basah? Hal tersebut mungkin terdengar sepele, tetapi jika kamu melakukannya, maka kamu berpotensi besar untuk merusak rambutmu. Tidur dengan rambut basah hanya akan membuatmu harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli produk perawatan rambut tambahan. Selain itu, juga akan membuang-buang waktu dan tenaga untuk merapikannya setelah bangun nanti. Seperti dikutip dari Bright Side, berikut ini 7 bahaya tidur dengan rambut basah.

1. Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit Kepala

Bahaya tidur dengan rambut basah yang pertama adalah dapat membuat kulit kepala iritasi. Apakah kamu pernah merasakan rasa gatal atau tidak nyaman pada kulit kepala? Awalnya kamu mungkin akan berpikir itu disebabkan karena sampo yang kamu gunakan tidak cocok. Tapi sebenarnya, masalah-masalah pada kulit kepala seperti gatal, ketombe, atau semacamnya dapat diakibatkan dari rambut yang masih basah. Jika kamu tidur dengan rambut basah maka akan membuat bantal yang kamu gunakan ikut menjadi basah. Saat kamu tidur dalam keadaan tersebut, suhu yang hangat dan lembap dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. Akibatnya, kamu akan mengalami masalah pada kulit kepala.

2. Membuat Rambut Kusut

Bahaya tidur dengan rambut basah yang kedua adalah bisa membuat rambut menjadi kusut. Rambut basah adalah rambut yang paling ringkih dan berisiko. Jika kamu tidur dengan rambut basah maka itu akan membuat rambut akan semakin kusut. Hasilnya, kamu akan mendapatkan rambut yang sulit di sisir pada pagi harinya. Hal itu tentu akan membawa masalah untuk rutinitas pagi harimu.

3. Menyebabkan Rasa Pusing

Bahaya tidur dengan rambut basah yang ketiga adalah dapat membuatmu merasa pusing. Jika kamu tidur dengan rambut basah maka kemungkinan kamu akan merasa pusing ketika bangun. Beberapa ahli rambut mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah dapat menurunkan suhu tubuh dan itu akan menyebabkan sakit kepala karena tubuhmu akan berusaha menghangatkan diri. Ahli lain juga mengatakan bahwa tidur dengan menggunakan handuk sebagai pembungkus kepala juga akan menyebabkan sakit atau mengganggu tidurmu.

4. Membuat Rambut jadi Keriting Kusut

cara alami atasi rambut kusutIlustrasi bahaya tidur dengan rambut basah. Foto: iStock

Bahaya tidur dengan rambut basah yang keempat adalah membuat rambut menjadi keriting kusut. Tidur dengan rambut basah mungkin tidak akan membawa masalah bagi kesehatan tubuhmu, tetapi tidak demikian dengan penampilan rambutmu. Rambut basah akan memberikan gesekan yang lebih kuat pada sarung bantal, sehingga rambut akan menjadi kusut. Jika kamu tidak ingin membeli produk ekstra untuk perawatan rambutmu maka sebaiknya hindari tidur dengan rambut basah.

5. Rambut Menjadi Tipis

Bahaya tidur dengan rambut basah yang kelima adalah rambutmu akan semakin tipis. Rambut yang memiliki helai yang tipis biasanya tidak akan terlihat tebal. Tidur dengan rambut basah hanya akan memperparah hal tersebut. Rambutmu tidak akan bisa menebal, justru akan semakin tipis.

6. Akan Membuat Ujung Rambutmu Rusak dan Harus Sering Dipotong

Bahaya tidur dengan rambut basah yang keenam adalah kamu jadi harus lebih sering memotong rambut untuk merapihkan ujung rambut yang rusak. Rambut basah adalah rambut yang paling ringkih dan sangat mudah rusak. Tidur dengan rambut basah akan membuat ujung rambut jadi patah-patah dan bercabang.

7. Menyebabkan Iritasi Kulit

Young beautiful topless woman is scratching her neck. Isolated on white.Ilustrasi bahaya tidur dengan rambut basah bagi kulit. Foto: Ilustrasi/thinkstock

Bahaya tidur dengan rambut basah yang terakhir adalah dapat menyebabkan iritasi kulit. Tidak hanya kulit kepala, melainkan kulit leher atau wajah yang mungkin terkena rambut basahmu itu. Kombinasi dari suhu udara dan rambut basahmu bisa membuat bakteri berkembang biak dan mengiritasi permukaan kulit yang terkena.

Agar dapat terhindar dari 7 bahaya tidur dengan rambut basah seperti di atas maka usahakan selalu keringkan rambutmu terlebih dahulu sebelum tidur. Selain itu kamu juga bisa mengubah kebiasaan keramasmu. Jika kamu biasa keramas sebelum tidur di malam hari, maka cobalah untuk keramas setelah bangun di pagi hari.



Simak Video "Nikmati Sensasi Unik Spa dengan Bambu"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)