Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Kamu yang Nggak Doyan Makan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 02 Sep 2020 18:11 WIB
Ilustrasi makan sayur Iustrasi vitamin penambah nafsu makan. Foto: iStock
Jakarta -

Kehilangan nafsu makan bisa berakibat kekurangan gizi karena kurangnya asupan nutrisi. Nafsu makan hilang bisa disebabkan berbagai faktor. Akibat stres, sakit flu dan pilek atau kondisi mental seperti depresi hingga cemas.

Kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan nafsu makan hilang. Jika tiba-tiba kamu tidak punya nafsu makan hingga berat badan turun drastis, bisa jadi karena asupan vitamin sangat minim.

Vitamin apa yang bisa menambah nafsu makan? Berdasarkan hasil studi Mayo Clinic, vitamin B12 dan folat merupakan vitamin penambah nafsu makan. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan anemia atau kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dalam sehari, tubuh dengan kondisi normal membutuhkan 2,4 mcg per hari. Sementara ibu hamil 2,6 mcg dan ibu menyusui 2,8 mcg per hari. Vitamin penambah nafsu makan seperti B12 bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin penambah nafsu makan dari ikan-ikanan laut dalam seperti sarden, salmon dan tuna. Kebutuhan vitamin B12 juga bisa dipenuhi dengan konsumsi daging sapi, susu sapi, yoghurt, telur dan daging ayam.

Selain vitamin, sejumlah nutrisi atau suplemen lain juga bisa dikonsumsi untuk menambah nafsu makan. Seperti dilansir Health Line, berikut ini nutrisi dan vitamin penambah nafsu makan yang perlu kamu asup setiap hari.

Zinc

Kekurangan zinc bisa membuat indra pengecap dan nafsu makan berubah. Jika nafsu makan hilang dan sudah cukup mengkhawatirkan, cobalah mengonsumsi suplemen zinc atau multivitamin yang mengandung zinc.

Thiamine, Vitamin Penambah Nafsu Makan

Thiamine juga dikenal sebagai vitamin B-1. Kekurangan vitamin ini bisa mengurangi nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan. Konsumsi suplemen vitamin B-1 penambah nafsu makan jika diperlukan, namun akan lebih aman, jika kamu berkonsultasi dengan dokter. Terutama jika vitamin ini akand diberikan pada anak kecil.

Minyak Ikan

Minyak ikan bisa membantu menambah nafsu makan sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi minyak ikan juga bisa mengurangi rasa kembung pada perut yang menyebabkan kamu tidak nafsu makan.

Tapi sebelum mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau emulsi, sangat disarankan memeriksa terlebih dahulu apakah kamu ada alergi terhadap ikan.

Demikian serba-serbi tentang vitamin penambah nafsu makan. Begitu pula rekomendasi nutrisi lainnya untuk bantu meningkatkan nafsu makan.

(hst/hst)