Perkembangan Bayi 5 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja?

Lusiana Mustinda - wolipop Sabtu, 18 Jul 2020 15:30 WIB
Baby reaching for colorful wooden blocks Perkembangan bayi 5 bulan. Foto: Getty Images/iStockphoto/moswyn
Jakarta -

Perkembangan bayi 5 bulan yang sehat bisa dilihat dari beberapa indikator. Di setiap bulannya, bayi mengalami perkembangan yang cukup cepat. Ketika bayi menginjak usia 5 bulan, ini merupakan masa transisi besar bagi si kecil dan Bunda sendiri.

"Hal terbesar yang kita lihat (di bulan kelima) adalah gerakan bayi yang gelisah menjadi gerakan yang mengalir," kata Michelle Linsmeier, M.D., seorang dokter anak di Mikwaukee dalam Parents (03/10/2019).

Rata-rata perkembangan bayi 5 bulan menunjukkan bahwa si kecil mulai banyak berinteraksi dan bergerak. "Lebih banyak interaksi dan kontak mata. Bunda bisa lebih melihat tawa yang nyata, banyak gerak dari satu sisi ke sisi lain serta mencoba mencari cara untuk duduk," ujar Dr. Seman, seorang dokter anak di Boston.

Kalau Bunda lihat mungkin perkembangan si kecil di awal kelahirannya lebih banyak tidur dan banyak mengungkapkan perasaan melalui tangisan.

Perkembangan bayi 5 bulan lebih aktif dan ekspresif. Perkembangan bayi 5 bulan bisa apa? Berikut ini Wolipop merangkumnya dari laman WebMD:

1. Kemampuan Motorik

Dan Brennan, MD, dokter spesialis anak di Los Angeles, California, AS mengatakan perkembangan bayi 5 bulan salah satunya adalah dapat duduk tegak untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sebagian besar bayi mungkin perlu ditopang dengan alat bantu seperti bantal agar bisa duduk dengan nyaman. Akan tetapi sebagain besar lainnya sudah dapat duduk sendiri tanpa perlu alat bantu selama beberapa detik.

Selain itu, bayi usia 5 bulan juga sudah dapat berguling, memutar tubuhnya dari posisi terlentang ke tengkurap. Saat si kecil melakukan hal tersebut, Bunda bisa melihat ia akan menggerak-gerakkan atau menggoyangkan kakinya.

Kondisi ini menunjukkan bahwa bayi siap untuk merangkak. Tapi ingat ya Bun, saat si kecil sudah bisa berguling, pastikan tidak meninggalkannya sendirian di tempat tidur atau permukaan tinggi lainnya.

Di usia ini genggaman bayi juga semakin kuat. Si kecil dapat menarik benda lebih dekat dan mengambilnya dari telapak tangan kemudian memindahkannya dengan mahir dari satu tangan ke tangan lainnya. Si kecil juga sudah bisa memegang botol susunya sendiri.

Baby reaching for colorful wooden blocksPerkembangan bayi 5 bulan. Foto: Getty Images/iStockphoto/moswyn

2. Jadwal Tidur

Sebagian besar bayi tidur sepanjang malam selama lima bulan, tetapi tidak semua. Untuk mendorong si kecil mengikuti ritme tidur malam yang teratur, buatlah rutinitas sebelum tidur. Mulailah dengan mandi air hangat, diikuti dengan beberapa menit membaca buku cerita hingga ia mengantuk.

Bayi usia 5 bulan masih membutuhkan tidur siang sebanyak 2 kali. Satu setelah sarapan atau mandi dan kedua setelah makan siang. Sebaiknya jangan menunda waktu tidur bayi karena hal itu dapat membuat si kecil lelah dan rewel. Jika muncul tanda-tanda bayi mengantuk, segera tidurkan si kecil.

3. Kemampuan Indera Penglihatan

Perkembangan bayi 5 bulan terus membaik. Pada usia ini mereka pandangan si kecil sudah dapat fokus. Di usia 5 bulan, persepsi warna bayi sudah menajam ke titik di mana ia dapat membedakan antara dua warna dengan warna yang sama.

Namun bayi pada usia ini masih menyukai warna primer seperti merah, biru dan kuning.

Baby reaching for colorful wooden blocksPerkembangan bayi 5 bulan. Foto: Getty Images/iStockphoto/moswyn

4. Kemampuan Berkomunikasi

Perkembangan bayi 5 bulan setengah sudah mulai mampu berkomunikasi. Di usia tersebut bayi mulai mengeluarkan ocehannya dan dapat mulai menyatukan suara konsonan dan vokal (seperti "ba-ba").

Jika Bunda mendengar suara 'ma-ma' atau 'da-da' artinya si kecil sudah mulai mempelajari sedikit kata-kata melalui ekspresi diri. Bayi 5 bulan juga mulai memahami suara yang mereka dengar seperti mesin mobil atau suara kucing.

Meskipun anak usia ini belum dapat memahami kata-kata, mereka dapat memalingkan kepala ketika mendengar nama mereka tahu perintah sederhana seperti 'tidak'.


Tips untuk menstimulasi bayi usia 5 bulan:

- Berikan si kecil mainan sederhana dan berwarna-warni seperti mainan lunak untuk dimainkan. Ketika Bunda membacakan atau bermain bersama sebaiknya berikan nama untuk membantu mengajarkan si kecil kata-kata baru.

- Karena si kecil mulai belajar merangkak pastikan Bunda segera menutupi semua saklar listrik, tempatkan pembersih rumah tangga dan bahan berbahaya lainnya di dalam lemari yang terkunci dan singkirkan semua benda berbahaya. Hati-hati juga saat meninggalkan secangkir kopi atau benda-benda panas yang mungkin dapat membahayakan si kecil.

- Untuk menunjang perkembangan bayi 5 bulan juga bisa didengarkan musik lembut atau murottal untuk menunjang stimulasi otaknya.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)