7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol, Buat Santapan Hari ke-2 Lebaran

Hestianingsih - wolipop Senin, 25 Mei 2020 11:13 WIB
portrait of beautiful young woman wearing hijab with a bowl of granola with fresh fruit for breakfast Makanan untuk menurunkan kolesterol. Foto: iStock
Jakarta -

Hari kedua Lebaran di rumah saja, saatnya mengonsumsi makanan yang lebih sehat untuk menurunkan kolesterol setelah kemarin seharian makan daging dan santapan berlemak lainnya. Belum lagi beragam kue-kue kering yang terbuat dari margarin, butter, gula dan keju bisa menjadi timbunan lemak di dalam tubuh.

Jangan sampai tubuh kamu justru menggemuk dan jadi sakit setelah mengurangi makan dan minum selama sebulan penuh saat Ramadhan. Yuk santap makanan yang lebih sehat.

Bagaimana caranya menurunkan kolesterol setelah Lebaran? Berikut ini tujuh makanan untuk menurunkan kolesterol:

1. Bawang Putih

Makanan untuk menurunkan kolesterol. Foto: iStock


Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat bahwa lebih dari 600 ribu orang di Amerika Serikat setiap tahunnya meninggal karena penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2010 yang dilakukan Institute of Preventive dan Clinical Medicine di Slovakia menunjukkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi serta penyakit jantung koroner.

2. Cuka Apel

Foto: iStock


Seperti sebuah penelitian yang diterbitkan di Pakistan Journal of Biological Sciences, tikus yang diberi cuka apel mengalami penurunan LDL (kolesterol jahat) dan peningkatan HDL (kolesterol baik). Apel juga mengandung pektin, serat yang telah ditemukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Cuka sari apel mengontrol trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, sehingga membantu mencegah penyakit jantung. Cuka juga mengandung asam klorogenat, antioksidan yang telah terbukti secara ilmiah untuk melindungi seseorang dari penyakit jantung. Dosis pektin yang lebih tinggi juga secara langsung berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

3. Oats

Makanan untuk menurunkan kolesterol. Foto: iStock


Oats kaya akan serat larut yang bermanfaat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penumpukan plak lemak di dalam pembuluh arteri. Sementara blueberry tingi vitamin C serta antioksidan lainnya. Bagaimana jika dua makanan 'super' ini dipasangkan?

"Studi yang dilakukan Tufts University dan dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan ketika vitamin C bertemu dengan zat phytochemical dari oat, akan meningkatkan manfaat oat dalam menurunkan kolesterol dan melindungi pembuluh arteri," jelas Rob.

4. Tomat

Foto: iStock


Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi di Australia menunjukkan, dengan mengonsumsi 25 mg lycopene dalam diet setiap hari, kadar kolesterol jahat menurun hingga 10 persen yang berefek juga pada tekanan darah yang lebih stabil. Kamu bisa mengonsumsi tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus atau dijadikan sup. Perlu diketahui, 25 mg lycopene bisa didapatkan dari setengah cangkir pasta tomat atau jus tomat.

5. Kacang-kacangan

Foto: Pinterest


Kacang-kacangan yang dimaksud bukan kacang yang biasa tersaji saat Lebaran ya. Tapi kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan kacang merah yang kaya akan serat larut. Selain itu kacang-kacangan ini juga sumber protein yang lebih sehat, rendah lemak serta diperkaya nutrisi penting bagi tubuh. Kamu bisa mencampurkan kacang ke dalam salad, sup atau kukusan. Kacang panjang, buncis dan teman-temannya membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga hasrat untuk makan bisa terkontrol. Dengan begitu, kamu juga bisa terbantu jika ingin menurunkan berat badan.

6. Almond

Foto: Thinkstock


Kacang almond rendah kolesterol dan baik untuk jantung. Kacang dengan citarasa gurih ini juga kaya akan lemak tak jenuh dan phytosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung. Almond merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, selama tidak diberi garam atau dilapisi gula. Selain itu karena kalorinya cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi almond hanya sebesar genggaman tangan dalam sehari.

7. Terong

Foto: Pradita Utama


Selain rasanya yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, terong ternyata merupakan salah satu makanan paling baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Terong mengandung serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting. Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan bahkan pasta.



Simak Video "Tips Memadu Padankan Batik untuk Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)