Perjuangan Dokter Wanita Pakai APD Daki Gunung Demi Periksa Pasien Sakit

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 06 Mei 2020 13:03 WIB
Dokter Soi Foto: Facebook
Thailand -

Perjuangan seorang dokter wanita yang mengenakan alat pelindung diri (APD) mendaki gunung demi mengobati pasien ini viral di media sosial. Seperti apa kisahnya?

Dokter asal Thailand bernama Soi yang bekerja di sebuah klinik kesehatan pedesaan di Provinsi Nan mencuri perhatian di internet karena mendaki dua gunung dan menyeberangi sungai untuk merawat seorang anak. Kisah ini viral setelah dibagikan di Facebook.

Saat dokter Soi berada di klinik kesehatan, tiba-tiba ada seseorang datang untuk melaporkan ada anak yang menderita demam dengan gejala mirip COVID-19. Anak tersebut pun tengah menjalani karantina bersama keluarganya.

Dokter SoiDokter Soi Foto: Facebook

Seperti dilansir Worldofbuzz, Soi mengungkapkan akan mengunjungi anak itu untuk melihat kondisinya. Ia pun menggunakan APD sebagai tindakan pengamanan dan pencegahan, mengenakan sepatu bot karena ia tahu harus menyeberangi sungai, dan menaruh beberapa alat medis di dalam tas.

Soi kemudian berangkat ke desa dengan sepeda motor dan seorang asisten. Ketika mereka berada di daerah pedesaan, hanya ada jalan tanah yang curam dan sempit dan sering kali Dr. Soi perlu berjalan sementara asistennya mengendarai sepeda motor. Sementara itu cuaca pun cukup panas, 38 ° C.

Dokter SoiDokter Soi Foto: Facebook

Meskipun merasa sangat lelah, Soi mengaku baik-baik saja. Setelah menyeberangi sungai dan mendaki gunung, Soi berhasil menemukan tempat tinggal anak tersebut, di tengah-tengah sebuah peternakan dan ada sekitar enam orang di sana, dua wanita tua dengan empat anak.

Soi pun memeriksa anak yang sakit itu dengan gejala sedikit demam dan sakit tenggorokan. Ia memberi obat dan meminta ibu dari anak tersebut untuk memantau kondisi buah hatinya. Setelah tiga hari, Soi pun mendapat kabar jika anak itu telah pulih.

Dokter SoiDokter Soi Foto: Facebook

Merasa lega, dokter Soi mengatakan bahwa dengan berinteraksi dengan penduduk desa, dia melupakan semua kelelahan dan kesulitan yang dihadapi selama bekerja. Soi pun mengungkapkan bahwa yang ia inginkan hanyalah agar mereka menerima perawatan kesehatan yang baik.



Simak Video "Perceraian Meningkat saat Pandemi, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)