Membaca Kode 'N95' Pada Masker N95 yang Kini Langka, Apa Artinya?

Hestianingsih - wolipop Minggu, 26 Apr 2020 12:00 WIB
komparasi masker anti polusi n95 masker ojol masker elektrik Masker N95. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta -

Masker N95 kini langka di pasaran karena permintaan yang sangat tinggi dan banyaknya penimbun sehingga harganya jadi dua kali lipat lebih tinggi dari harga normal. Kini orang awam tidak diperbolehkan mengenakan masker N95. Mereka yang kondisinya sehat atau tidak bergejala diwajibkan memakai masker kain yang bisa dicuci dan dikenakan berulang kali.

Sementara masker N95 hanya boleh dipakai bagi dokter dan tenaga kesehatan yang menangani pasien dengan infeksius tinggi, termasuk pasien COVID-19. Menjadi alat pelindung diri (APD) yang sangat penting untuk cegah penularan virus, tahukah kamu arti dari huruf 'N' dan angka '95' pada masker N95?

Pertama kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu masker N95. Menurut Food and Drug Administration (FDA), masker N95 termasuk jenis masker respirator. Artinya masker dirancang khusus untuk melindungi pernapasan dari partikel di udara yang sangat kecil.

Chongqing, China - February 15, 2013: 3M N95 mask China Edition. In this winter serious air pollution in lots of Chinese city. People have to wear N95 mask when they are in outdoor.Masker N95. Foto: Dok. iStock


Sementara itu National Institute for Occupational Safety and Health menjelaskan bahwa ada beberapa jenis masker respirator sekali pakai dan masker N95 termasuk dalam kategori tersebut. Masker ini punya fungsi perlindungan dengan menyaring partikel-partikel di udara ketika seseorang bernapas, seperti bakteri dan virus, termasuk virus Corona.

Masker respirator sekali pakai ini dibagi lagi menjadi tiga berdasarkan kemampuan mereka menyaring udara, menahan air dan minyak. Masing-masing diberi kode N, R atau P.

Seperti dikutip dari Reader's Digest, kode 'N' artinya NOT resistant to oil (tidak tahan minyak); 'R' berarti RESISTANT to oil (tahan minyak) dan 'P' jika oil PROOF (kedap minyak). Maka masker N95 merupakan masker yang tidak tahan minyak atau NOT resistant to oil.


Sementara itu angka '95' merupakan kode persen sejauh mana material masker tersebut bisa menyaring partikel. Angka '95' berarti masker respirator punya kemampuan menyaring 95 persen partikel udara. Sementara jika masker bisa menyaring 99 persen partikel akan ditulis dengan angka '99' di belakang huruf.

Maka dari itu masker N95 berarti masker yang bisa menyaring 95 persen partikel udara namun tidak tahan terhadap minyak. Masker ini memiliki satu lapisan filter, dapat menyaring 95 persen partikel berukuran > 0,3 mikron sehingga efektif untuk menyaring virus hingga polutan.

Masker ini juga dilapisi karbon aktif dan dirancang agar pas melekat pada area mulut. Jika dikenakan dengan benar, masker N95 akan melekat dengan ketat pada area mulut, sehingga akan membuat sedikit sulit bernapas. Maka dari itu masker ini tidak dianjurkan dipakai anak-anak, lansia, atau mereka yang memiliki masalah pernapasan.



Simak Video "Tips Bikin Konektor Masker Tanpa Mesin Jahit"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)