Agar Tak Cepat Haus saat Puasa, Makan 9 Buah dan Sayur Tinggi Cairan Ini

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 25 Apr 2020 07:01 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Tiba saatnya kita untuk kembali menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Tahun ini, Ramadhan jatuh di tengah pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona. Namun, jangan biarkan itu mematahkan semangat ataupun menggoyahkan iman kita dalam berpuasa.

Berpuasa di situasi seperti ini tentu ada tantangan tersendiri. Di saat harus membatasi asupan makanan dan minuman, tubuh juga dituntut lebih prima agar tahan dari paparan virus Corona.

Untuk itu, mengonsumsi makanan berbahan alami sangat dianjurkan. Dalam hal menahan haus, buah dan sayuran berikut ini memiliki kadar air yang tinggi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Tak hanya itu, kandungan vitamin dan zat penting lain di dalamnya dapat turut meningkatkan imun demi menangkal virus-virus jahat.

1. Timun

Cucumber and slices isolated over white background.( Foto: thinkstock)

Seperti dilansir dari Shape, timun mengandung 96 persen air. Maka tak berlebihan bila menyebut tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan air paling tinggi di antara makanan lain. Sajikan dalam hidangan salad atau menjadi pelengkap untuk es buah.


2. Stroberi

Strawberry dessertFoto: iStock

Buah ini diketahui memiliki kandungan air sampai 92 persen. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.




3. Kol

sayur kol Foto: iStock

Kol termasuk salah satu sayuran yang rendah kalori sekaligus tinggi serat dan kaya akan phyto-chemical untuk mengurangi risiko kanker. Menambah khasiat tersebut, kadar air di dalam kol juga tergolong tinggi yakni 93 persen.


4. Grapefruit

GrapefruitFoto: Instagram

Grapefruit bukan anggur. Namun, buah ini juga tidak dapat disamakan dengan jeruk Bali. Grapefruit adalah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan seperti anggur. Selain kandungan airnya mencapai 90 persen, grapefruit juga tinggi vitamin C.

Selanjutnya
Halaman
1 2