Jaga Jarak dengan Yoga #dirumahaja Gratis Bersama Para Coach Yoga Ini Yuk

Femi Diah - wolipop Jumat, 10 Apr 2020 10:00 WIB
Women in yoga class, cobra pose stretching. Healthy lifestyle in fitness club Foto: iStock
Jakarta -

Virus corona membuat sederet aktivitas masyarakat yang terjadi di luar rumah terhenti. Aturan social distancing dan kini PSPB yang diberlakukan di sejumlah wilayah di Indonesia, membuat masyarakat harus berada di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Salah satu kegiatan yang terhenti akibat corona ini adalah berolahraga di pusat-pusat kegiatan olahraga seperti pusat kebugaran dan kelas yoga. Menyiasati hal tersebut, sejumlah coach atau pelatih yoga perempuan pun melakukan gerak cepat membuka kelas olahraga via online yang bisa disaksikan secara gratis.

Tio Rosaline termasuk salah satu guru yoga yang membuat kelas workout secara online di media sosial setelah pemerintah meminta karyawan untuk work from home (WFH). Dia memulai kelas yoga online sejak WFH dicanangkan pada 17 Maret 2020.

tio rosalinetio rosaline Foto: ist



"Sekolah sudah tutup lebih dulu kan, baru kemudian perkantoran diminta untuk WFH. Di hari Minggu (15/3/2020), saya berpikir kok jumlah pasien virus Corona makin bertambah. Sebelumnya, saya memang sudah berencana menutup kelas di Studio Blesyoga di Lebak Bulus," kisah Tio Rosaline pemilik Blesyoga di Lebak Bulus, Jakarta Selatan saat dihubungi Wolipop baru-baru ini.

Tio melanjutkan karena tidak bisa ke mana-mana mengikuti anjuran pemerintah untuk #dirumahaja itulah dia memutuskan membuka kelas yoga online. Dia merasakan di pekan ketiga WFH diberlakukan, orang-orang yang sudah lama berada #dirumahaja mulai bosan dan ingin melakukan aktivitas di luar rumah. Oleh karena itulah dia membuat kelas yoga online sebagai alternatif aktivitas untuk para ibu-ibu di rumah yang mulai stres karena tidak memiliki me time.


"Satu-satunya cara untuk memutuskan rantai virus itu dengan jaga jarak, salah satunya dengan tetap berada di rumah. Nah, dengan anak-anak libur sekolah atau belajar di rumah, ibu-ibu makin cranky.
Saya ingin mengajak mereka, ibu-ibu itu untuk memiliki me time saat menghadapi drama kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Tio ingin mengajak para wanita yang menyukai yoga untuk capek bersama. "Caranya dengan yoga dan meditasi. Makanya saya bikin kelas tiga atau empat kali sehari dengan malamnya meditasi," ujarnya.

Tio sampai sekarang masih memberikan kelas yoga online secara gratis. Menurutnya apa yang dilakukannya ini merupakan salah satu caranya untuk berbagi dan membantu pemerintah memutus rantai virus corona.

fiskafiska Foto: ist



"Kita masih bisa memakai baju suka-suka, sedangkan relawan dan tenaga medis di wisma Atlet harus memakai baju tebal selama sembilan jam, dibatasi minum dan makan. Ini cara saya menghadapi Corona," tuturnya.

"Memang banyak job dan event cancel, saya tipikal orang yang suka nabung dan bukan orang yang hedon. Sejak 5 tahun terakhir investasi saya aset. Puji Tuhan entah kenapa ada saja murid-murid kirim apa-apa, berkat luar biasa," tambahnya lagi.

Selain Tio, sejumlah coach yoga lain pun melakukan hal serupa, membuka kelas yoga online yang bisa diikuti secara gratis di Instagram. Mereka adalah Fiska Lukartono, pemilik studio yoga Treehaus Studio di BSD. Kelas yoga Fiska bisa diikuti melalui Instagramnya @fiskashiva. Kemudian ada Woro Utami, guru yoga freelance di Solo yang membuat kelas yoga gratis via Instagram @woro_moglie. Dan ada Alia Basalamah, instruktur di Rocca Space yang membuat kelas yoga gratis via Instagram @aliabasalamah.



Simak Video "Pecinta Binatang Solo Kembali Sisir Kucing Liar di Pasar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)