Viral! Curhat Wanita PDP Corona di Padang Sidempuan, Live Facebook Sebelum Meninggal

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 06:30 WIB
erni aqilah abyan Viral curhat wanita berstatus PDP Corona di Padang Sidempuan. Foto: Facebook erni aqilah abyan
Jakarta -

Video berdurasi hampir 1,5 menit ini mendadak menjadi viral karena berisi curhatan sedih wanita di Padang Sidempuan yang berstatus PDP Corona. Dia mengaku sedang hamil enam bulan.

Video yang viral itu merupakan curhatan wanita bernama Erni Aqilah Abyan. Erni sempat membuat video live di Facebook pada 3 April 2020 saat berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19. Dalam video live tersebut, Erni mengeluhkan layanan RSUD Padang Sidempuan saat ia alami sesak napas.

Erni tampak memperlihatkan kondisi ruangan rumah sakit dan wajahnya yang memakai oksigen melalui hidung dalam videonya. Ia juga mengeluhkan soal makanan untuk pasien yang hanya diberikan melalui kotak styrofoam dengan lauk yang dibungkus plastik.


"Ini ruangan rumah sakit yang tidak layak dipakai, minta minum saja dua jam kemudian baru datang. Sesak Ya Allah...ini bagaimana orang mau makan nasinya keras, orang yang sehat aja nggak bisa makan ini? Apalagi saya yang lagi sakit," kata Erni dengan suara tertatih.

Erni menunjukkan kondisi ruangan perawatannya yang tampak tertutup rapat. Ada dua tabung oksigen berukuran besar dan ada tempat minum isi ulang di ruangan tersebut. Namun karena kondisinya yang sesak, dia tidak bisa beranjak dari tempat tidurnya untuk mengambil minum.

Erni Aqilah AbyanErni Aqilah Abyan Foto: Facebook erni aqilah abyan



"Ini ruangan Rumah Sakit Kota Padang Sidempuan, Ya Allah sesak Ya Allah.. minta minum saja dua jam baru datang Ya Allah...Tuhanku sesak tolong," ujar Erni yang berbicara sambil menangis dan dengan suara terengah-engah.

Ketika ditelusuri melalui akun Facebooknya, Erni Aqilah Abyan yang berbisnis hijab dan busana muslim, meninggal dunia 4 April 2020, keesokan harinya setelah melakukan live Facebook. Kolom komentarnya di Facebook pun ramai dengan ucapkan turut berbela sungkawa dari teman-temannya.

"Bismillah astagfirullahal'adzim innalilahi wa inna ilaihi roji'un ajal... Ajal... 2 hari yang lalu masih bisa dagangan kini sudah dialam yang beda allahuyarham," tulis pengguna Facebook Sri Ani.

"Org sdh meninggal bukannya di do'akan tapi d salahkan..mungkin dia salah..dia sdh dpt sendiri akibar dr kesalahannya...skrg ini jgn kita tambah dosa kita dgn lisan kita..cukup berdo'a..supaya keluarga kita d jauhkan dari wabah ini...biar nti Allah yg menilainya," kata akun Facebook Rhini Herdyanti Calista Amanda.

"Kasihan adek bayinya yg masih dikandungan, semoga ibu dan bayi dlam kandungan diterima disisi Allah SWT.." kata Kusuma Dewi.



Meninggalnya Erni ini juga dikonfirmasi oleh Soleh Partaonan Daulay anggota Komisi IX DPR RI. Soleh mengaku mendapat informasi mengenai meninggalnya Erni dari RS Adam Malik Medan. Erni dirujuk ke RS Adam Malik dari RSUD Padang Sidempuan.

"Saya baru mendapat kabar dari salah seorang direksi RS Adam Malik Medan. Dia mengabarkan bahwa Ibu Erni Aqilah Abyan yang kita rujuk tadi malam telah meninggal dunia setiba di IGD RS Adam Malik. Upaya maksimal telah kita lakukan, namun Allah berkehendak lain," demikian penggalan tulisan Soleh Partaonan di akun Facebooknya.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)