Jika Ibu Hamil Terinfeksi Virus Corona, Bagaimana Janinnya? Ini Kata Pakar

Hestianingsih - wolipop Kamis, 26 Mar 2020 19:30 WIB
Wanita Hamil Ngidam Jagung Ilustrasi pasangan bingung merencanakan kehamilan di tengah pandemi virus corona. Foto: iStock
Jakarta -

Virus corona mengubah hampir semua lini kehidupan. Sejak virus corona jenis baru ini mewabah di China pada Desember 2019 hingga sekarang sudah menyebar ke lebih dari 180 negara, banyak orang berpikir dua kali sebelum melakukan berbagai hal, bahkan untuk hal sekecil bersalaman.

Pandemi virus corona juga membuat pasangan menikah memikirkan lagi rencana program kehamilan. Tidak sedikit wanita yang khawatir apakah tepat dan aman jika ingin merencanakan kehamilan di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda ini.

Sampai saat ini belum ada pakar kesehatan yang bisa mengklaim apakah ibu hamil lebih rentan tertular virus corona dibandingkan kelompok orang lainnya. Para pakar juga tidak tahu apakah wanita hamil akan mengalami gejala yang lebih berat ketika terkena COVID-19. Alasannya, karena Sars-Cov-2 merupakan jenis virus yang benar-benar baru sehingga penelitian tentang ini pun masih sangat minim.

Merencanakan Program Hamil saat Pandemi Corona, Amankah?Ilustrasi wanita hamil. Foto: iStock


Namun dokter spesialis kandungan bisa memberikan beberapa saran yang perlu diperhatikan jika pasangan tetap ingin merencanakan kehamilan saat pandemi virus corona. Menurut Profesor Klinid OB/GYN Dr. Mary Jane Minkin, belum ditemukan adanya kasus ibu hamil menularkan virus corona kepada janin.

"Kami tidak melihat adanya penularan ke janin, yang mana itu hal bagus," kata dia, seperti dikutip dari Huffington Post.

Artinya jika seseorang yang mengidap COVID-19 sedang hamil, kecil kemungkinan sang ibu menularkan penyakit itu ke jabang bayi. Baik saat masih berada di kandungan maupun setelah bayi dilahirkan. Setidaknya itu yang terbukti secara ilmiah sejauh ini.

Bagaimana dengan ibu yang sakit COVID-19 dan tetap ingin menyusui bayinya? Sampai saat ini juga belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kalau virus corona bisa masuk ke air susu ibu.


Namun begitu, ibu dengan COVID-19 harus benar-benar waspada saat menyusui bayinya. Sebab penularan bisa saja terjadi ketika sang ibu batuk atau bersin, dan droplet mendarat ke payudara atau wajah bayi saat dia menyusu. Maka untuk mencegahnya, sebaiknya ibu tidak menyusui bayi langsung dari payudara.

"Kalau dia didiagnosa virus corona, direkomendasikan untuk memompa air susu dan memberinya makan tanpa kontak langsung," saran spesialis OB/GYN lainnya dari New York City, Dr. Daniel Roshan.

Lantas bagaimana langkah-langkah yang tepat jika ingin tetap merencanakan kehamilan saat pandemi virus corona?

Ada baiknya menghindari pertemuan langsung dengan dokter kandungan di rumah sakit. Anda bisa memanggil dokter ke rumah, tentunya dengan konsekuensi biaya tambahan yang harus disiapkan.

Merencanakan Program Hamil saat Pandemi Corona, Amankah?Ilustrasi wanita hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/September15


Bisa juga dengan memanfaatkan teknologi. Perkembangan teknologi yang sudah canggih memungkinkan pasien dan dokter berkonsultasi secara online lewat video call, telepon atau chat online. Lewat komunikasi seperti ini, dokter bisa menyarankan berbagai tips kesehatan untuk wanita yang sedang program kehamilan, misalnya menyarankan untuk konsumsi folic acid atau nutrisi apa saja yang dibutuhkan agar kehamilan tetap sehat.

Dokter atau bidan juga akan memberi saran agar selalu menjaga kebersihan diri. Seperti cuci tangan setiap kali pulang dari bepergian atau menyentuh benda-benda, social distancing, atau pakai masker ketika berada di kerumunan.

Secara umum merencanakan kehamilan di tengah pandemi virus corona terbilang aman bagi wanita yang kondisi fisiknya sehat. Namun ada kelompok yang disarankan menunda program hamil karena risiko tinggi.

Dr. Daniel Roshan mengatakan, wanita yang punya riwayat sakit jantung dan gangguan paru-paru, sebaiknya menunda program kehamilan. Setidaknya sampai pandemi ini berakhir.

"Kalau ada penyakit bawaan, mungkin kamu perlu berpikir kembali untuk hamil sekarang ini," tegasnya.



Simak Video "Agar Isolasi Diri Tak Mati Gaya, Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)