4 Olahraga Peregangan Mudah untuk Mencegah Kaku Otot Saat WFH

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 26 Mar 2020 11:31 WIB
Anjuran tinggal di rumah saat pandemi Corona terdengar membosankan dan bikin badan kurang bugar. Berbagai cara dilakukan untuk mengusir itu. Begini beberapa caranya Tips olahraga di rumah agar relaks saat WFH (work from home). Foto: Getty Images
Jakarta -

Pandemi Corona membuat pemerintah dan kantor-kantor membuat kebijakan bagi para karyawannya untuk WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah demi meminimalisir bahaya infeksi. Namun bekerja dari rumah seringkali membuat tubuh merasa pegal dan kaku, terutama jika kamu tidak memiliki meja dan kursi yang memadai atau sesuai.

Seperti dikutip dari Popsugar, agar terhindar dari otot yang kaku, Dani Singer, pelatih olahraga pribadi bersertifikat NASM dan CEO Fit2Go memberikan beberapa tips peregangan yang bisa dicoba sendiri di rumah. Berikut ini empat olahraga peregangan yang bisa membuat otot relaks saat WFH:

1. Sit and Reach

Saat kita melakukan WFH, tanpa disadari bagian belakang tubuh akan menjadi kaku dan akan membuatnya sulit untuk membungkuk. Oleh karena itu Singer menyarankan untuk melakukan olahraga peregangan Sit and Reach. Caranya adalah:

a. Duduk di lantai lalu lipat kaki sebelah kanan dengan telapak kaki kanan ke arah bagian samping paha kiri.

4 Olahraga Peregangan Mudah untuk Mencegah Kaku Otot Saat WFHFoto: iStock



b. Tarik napas dalam lalu bungkukkan badan dan usahakan agar tanganmu menyentuh jari kaki sebelah kiri. Jika tidak bisa menyentuh jari kaki, maka kamu bisa menyentuh pergelangan kaki.

c. Tahan posisi tersebut sebanyak 10 kali napas penuh. Ambil sebanyak 5 detik untuk setiap napas.

2. Doorway Stretch

Duduk terlalu lama saat WFH dapat berdampak negatif bagi postur tubuh yang kamu miliki. Oleh karena itu untuk meregangkan bagian tubuh yang kaku, Singer menyarankan untuk melakukan Doorway Stretch. Caranya adalah:

a. Berdiri di depan pintu yang terbuka lalu letakkan kedua tangan di sisi kiri dan kanan pintu. Usahakan siku tangan ditekuk 90 derajat.

b. Condongkan tubuh ke depan dengan melangkah maju namum tangan tetap berada di pintu. Gerakan ini akan menarik tubuh ke posisi tegak.

c. Tahan selama 10 napas penuh dan ambil 5 detik untuk setiap napas.

3. Neck Release

Menurut Singer, bagian leher bisa menjadi tegang karena terlalu lama di depan laptop atau komputer saat melakukan WFH. Hal ini dapat menyebabkan rahang dan kepala menjadi sakit. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini beberapa langkah melakukan peregangan sederhana.

4 Olahraga Peregangan Mudah untuk Mencegah Kaku Otot Saat WFHFoto: iStock



a. Miringkan kepala ke arah bahu kanan dengan pandangan melihat ke atas.

b. Gunakan tangan kanan untuk menarik kepala ke arah bahu.

c. Sambil melakukan gerakan tersebut, putar kembali leher dengan pandangan ke arah bawah.



d. Lakukan 5 putaran, lihat ke atas lalu ke bawah dan bernapaslah perlahan saat melakukan gerakan tersebut.

e. Ulangi di sisi lainnya.

4. Seated Figure

Terakhir, untuk mencegah nyeri pinggul, punggung, dan lutut saat melakukan WFH, Singer menyarankan untuk melakukan olahraga peregangan Seated Figure. Caranya adalah:

a. Duduk di atas kursi dengan pergelangan kaki menyilang di atas lutut kiri.

b. Perlahan dorong pergelangan lutut kanan ke bawah.

c. Tahan selama 10 napas penuh dan ambil 5 detik untuk setiap napas.

d. Ulangi di sisi lainnya.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)