Cegah Virus Corona, Perlukah Cuci Tangan Pakai Sabun Antibakteri?

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 04 Mar 2020 10:46 WIB
child disinfecting hands against the flu Ilustrasi Cara Mencuci Tangan yang Benar. Foto: Getty Images
Jakarta -
Bukan pakai masker, sejumlah pakar mengatakan jika cara yang lebih baik untuk menghindari virus Corona adalah dengan mencuci tangan. Selain itu, disarankan pula untuk tidak menyentuh wajah dengan jari. Karenanya, banyak orang berpikir untuk memilih sabun yang benar-benar bisa membuat bersih. Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Perlukah cuci tangan pakai sabun anti bakteri untuk mencegah virus Corona?

Dokter mengatakan bahwa cuci tangan adalah cara kedua terbaik untuk mencegah infeksi virus apapun, termasuk Corona setelah vaksin, jika memang ada. Karena itu, dianjurkan untuk membersihkan tangan dengan sabun dan hand sanitizer terutama setelah terpapar dengan dunia luar.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mencuci tangan untuk mencegah virus Corona? Para pakar menganjurkan agar Anda membersih tangan lebih dari sekadar membasuhnya dengan air lalu dikeringkan. Mereka merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk bisa membunuh bakteri. Sebagai penghitung waktunya, Anda bisa sambil menyanyikan lagu klasik 'Happy Birthday' atau lagu alfabet anak-anak.

Untuk memastikan bahwa bakteri benar-benar mati, banyak orang berpikir untuk mencuci tangan dengan air hangat. Untuk hal ini, pakar pun memberi pandangannya.

"Untuk air panas sendiri bisa membunuh kuman jika itu mendidih. Air hangat akan menolong sabun untuk cepat bersih lebih baik. Tapi temperaturnya benar-benar bukan faktor untuk membunuh bakteria," kata Dr. Dan McGee, seorang dokter di Helen DeVos Children's Hospital AS kepada Today.

Beberapa brand mengeluarkan sabun antibakteri yang diklaim bisa membunuh kotoran, kuman, dan bakteri dengan lebih baik. Sabun antibakteri pun belakangan banyak dicari mereka yang khawatir tertular virus Corona. Tapi ternyata hal tersebut tidak terlalu dianjurkan dokter.

"Jika semua orang memakai sabun antibakteri, kamu bisa benar-benar mendorong bakteri yang tahan dengan obat untuk berkembang. Sabun apapun dan air sudah bagus," ungkapnya.

Selain itu, dokter Dan menganjurkan agar Anda mengeringkan tangan dengan tisu kertas atau alat pengering tangan.Hindarimengelapnya dengan handuk yang dipakai bersama karena bisa memperluas bakteri dan kotoran. Dan jangan biarkan tangan basah tanpa dikeringkan. "Jika kamu berjalan dengan tangan yang basah, itu akan menjadi medium yang lebih baik untuk (menyebarkan) infeksi,"





Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)