7 Manfaat Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah Virus

Hestianingsih - wolipop Selasa, 03 Mar 2020 17:04 WIB
Ilustrasi Vitamin C Manfaat vitamin C untuk kesehatan. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Vitamin C bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat vitamin C penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh karena diperlukan bagi pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot dan kolagen.

Manfaat vitamin C juga diperlukan untuk membantu melindungi sel-sel tubuh melawan radikal bebas termasuk beberapa jenis virus. Terkait dengan virus Corona COVID-19 yang kini sudah masuk wilayah Indonesia, menjaga daya tahan tubuh jadi salah satu langkah pencegahan agar tidak tertular.

Seperti dijelaskan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, ia mengimbau masyarakat agar terus menggerakkan hidup sehat untuk mencegah merebaknya virus Corona COVID-19. Salah satunya dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.

7 Manfaat Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah VirusManfaat vitamin C untuk tingkatkan daya tahan tubuh bisa didapat dari konsumsi sayur dan buah. Foto: Shutterstock


"Cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu," ujarnya di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Berikut ini beberapa manfaat vitamin C, khususnya dalam meningkatkan daya tahah tubuh, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C dari buah dan sayuran bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker seperti kanker payudara, usus besar dan paru-paru. Seperti dilansir Mayo Clinic, makanan mengandung vitamin C bisa didapat dari berbagai jenis buah citrus sepert jeruk dan lemon, tomat, paprika, brokoli, bayam dan buah beri seperti blueberry dan anggur.

2. Membantu Penyembuhan Batuk Pilek

Manfaat vitamin C bagi tubuh lainnya adalah menjaga imunitas dari penyakit pilek disertai batuk. Sebenarnya minum suplemen vitamin C bukan menjadi jaminan kamu akan total terhindar dari virus penyebab pilek dan batuk, namun sejumlah studi menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C, mereka akan lebih cepat sembuh saat pilek atau batuk ketimbang yang tidak rutin meminumnya. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut juga lebih sedikit.

Jadi disarankan mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari agar daya tahan tubuh lebih kuat melawan virus. Jika kamu baru minum vitamin C setelah sakit, maka manfaatnya tidak terlalu membantu untuk pencegahan.

"Ada banyak bukti bahwa mengonsumsi vitamin C untuk pilek dan flu bisa mengurangi risiko terjadinya komplikasi seperti pneumonia dan infeksi paru-paru," kata pakar kesehatan Moyad.

7 Manfaat Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah VirusSuplemen vitamin C untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan virus. Foto: thinkstock


3. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh karena Stres

Vitamin C bermanfaat meningkatkan kesehatan pada mereka yang menderita stres. Pakar kesehatan Moyad mengatakan bahwa vitamin C bisa memberikan manfaat lebih bagi orang yang daya tahan tubuhnya melemah akibat stres.

"Karena vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sensitif terhadap stres, dan nutrisi pertama yang menyusut kadarnya pada peminum alkohol, perokok dan obesitas, maka (mencukupi kebutuhan vitamin C) ideal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan," ujarnya.

4. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C juga memberi manfaat pada kulit. Manfaat vitamin C untuk kulit salah satunya mencegah penuaan dini. American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi rutin vitamin C bisa memperlambat timbulnya kerutan, kekeringan kulit serta membuat tampilan kulit lebih baik dan sehat.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Berdasarkan analisa dari sembilan studi terhadap 293.172 partisipan selama 10 tahun, ditemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah cukup, risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 25 persen. Analisis penelitian lainnya juga menemukan konsumsi vitamin C dari makanan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7 Manfaat Vitamin C, Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Cegah VirusSuplemen vitamin C untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan virus. Foto: ilustrasi/thinkstock


6. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Konsumsi suplemen vitamin C berkhasiat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Manfaat vitamin C adalah mengubah zat besi dari makanan berbasis tanaman yang cenderung sulit diserap tubuh, menjadi bentuk zat besi yang lebih mudah terserap.

Seperti dikutip dari Health Line, konsumsi vitamin C 100 mg setiap hari meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh hingga 67 persen. Hasilnya manfaat vitamin C bisa membantu mengurangi risiko anemia pada orang-orang yang rentan mengalami kekurangan zat besi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti telah disebutkan di atas, manfaat vitamin C yang utama adalah meningkatkan imunitas. Bagaimana prosesnya?

Vitamin C membantu meningkatkan efektivitas sel darah putih dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat molekul yang sifatnya merusak, misalnya radikal bebas. Manfaat vitamin C juga krusial dalam sistem ketahanan kulit yang merupakan organ terluar dan paling besar sebagai garda depan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas dan virus.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang menderita pneumonia cenderung memiliki kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya. Mengonsumsi suplemen vitamin C juga terbukti mempercepat masa penyembuhan.



Takaran Asupan Vitamin C yang Disarankan



Mengonsumsi vitamin C setiap hari sangat baik bagi tubuh karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Asupan vitamin C bisa didapat dari makanan seperti sayur dan buah, vitamin C dalam bentuk tablet, effervescent maupun vitamin C hisap.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara optimal, kebutuhan vitamin C yang disarankan adalah 500 mg per hari. Lebih dari itu, kelebihan vitamin C akan dikeluarkan oleh tubuh lewat urine.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)