Berat Badan Pria Bisa Naik 20 Kg Setelah Punya Anak, Ini Penyebabnya

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Minggu, 26 Jan 2020 12:47 WIB
Ilustrasi ayah dan anak. Foto: IstockBerat Badan Pria Bisa Naik 20 Kg Setelah Punya Anak, Ini Penyebabnya
Jakarta -

Berat badan seorang wanita bisa naik mencapai 35 kg saat hamil. Namun setelah si kecil lahir, para ibu akan berusaha untuk menurunkan berat badannya. Berbeda dengan ibu yang akan menurunkan berat badan setelah bayi lahir, berat badan ayah justru cenderung bertambah begitu si kecil ada di rumah.

Berdasarkan penelitian Dr. Craig F. Garfield dari University of Northwestern di AS dan diterbitkan dalam American Journal of Men's Health, mayoritas pria mengalami kenaikan berat badan setelah memiliki anak pertama.

Ada 10.254 pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini selama masa remajanya, usia 20-an, dan hingga usia awal 30-an. Penelitian dimulai pada 1994. Kemudian selama 20 tahun, para ahli melacak berat badan peserta, status perkawinan, dan jumlah bayi yang mereka miliki hingga semuanya berusia 32 tahun pada 2014.

Ilustrasi ayah dan bayi. Foto: Istock


Setelah 20 tahun, para peneliti mengumpulkan dan menganalisa semua informasi. Mereka menemukan bahwa pria bertambah berat badannya secara alami karena metabolisme mereka melambat seiring bertambahnya usia.

Namun para ilmuwan mencatat bahwa pria yang indeks massa tubuh (BMI)-nya meningkat secara drastis, adalah mereka yang menjadi ayah. Seorang ayah bisa menambah lebih dari 4,5 pound atau sekitar 20,4 kg setelah anak pertama mereka lahir.

Sedangkan sisi menarik dari penelitian ini adalah pria tanpa anak cenderung bisa mempertahankan berat badan ideal mereka atau justru kehilangan berat badannya.

Studi ini memang tidak memeriksa secara spesifik mengapa berat badan ayah yang baru memiliki anak akan bertambah. Namun, Dr. Garfield percaya bahwa perubahan gaya hidup dan rutinitas mereka dapat menjadi salah satu alasannya.

Ilustrasi orangtua dan balita. Foto: Getty Images


"Ketika seorang pria memiliki bayi untuk pertama kalinya, keluarganya akan menjadi prioritas," ucap Dr. Garfield.

Tanggung jawab baru bisa mengalihkan perhatiannya dari perawatan diri yang sebelumnya biasa ia lakukan. Transformasi cara hidup dan kebiasaannya mungkin akan sangat berpengaruh dalam pertambahan berat badan.

Contohnya, sebelum memiliki anak ia mungkin sering menghabiskan waktunya untuk pergi ke gym dan makan sehat. Namun setelah memiliki anak ia pasti akan lebih memilih jalan-jalan di taman dan makan es krim atau cokelat bersama anaknya. Hal itu bisa memicu kenaikan berat badan pria yang baru memiliki anak.

Para pria, kamu setuju dengan hasil penelitian ini?



Simak Video "Gemasnya Lihat Gadis Cilik Ini Berjoget!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)
D'RoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya