Bukan Pakai Sabun Colek, Ini Cara Hilangkan Tahi Lalat yang Aman

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 11:16 WIB
Ilustrasi menghilangkan tahi lalat secara medis. Foto: iStock
Jakarta - Youtuber bernama Marisha Chacha membuat konten dengan judul Menghilangkan Tahi Lalat Tanpa Operasi. Kini sosok Marisha ramai menjadi perbincangan warganet karena dianggap memberikan tips yang menyesatkan. Dalam konten Youtubenya, Marisha mempraktekan cara untuk menghilangkan tahi lalat memakai kapur sirih dan sabun colek.


Beberapa netizen yang mencoba tips darinya itu berbagi foto kondisi menyedihkan kulit mereka setelah menghilangkan tahi lalat dengan sabun colek dan kapur sirih. Ada yg kulitnya mengelupas bahkan bernanah.


Menurut dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, FINSDV, FAADV dari DNI Skin Centre menghilangkan tahi lalat dengan cara memakai sabun colek dan kapur sirih tidak dianjurkan. Cara yang aman untuk menghilangkan tahi lalat adalah melalui prosedur medis untuk mengurangi risiko infeksi dan muncul kembali sisa tahi lalat.

[Gambas:Youtube]


"Cara paling aman adalah tindakan medis dengan bedah eksisi dengan bius lokal dan dilakukan penjahitan. Tindakan dilakukan secara steril, sehingga bekas luka akan menjadi minimal. Serta pembedahan ini akan mengangkat semua lapisan tahi lalat sehingga tidak berulang," ungkap dr Darma saat dihubungi Wolipop, Rabu (8/1/2020).


Dokter Darma menyarankan bagi wanita yang ingin menghilangkan tahi lalat agar tetap hati-hati dalam meniru tindakan yang belum terbukti secara ilmiah.
"Karena kadang sesuatu yang berhasil pada seseorang, belum tentu berhasil pada orang lain. Pertimbangkan risiko yang terjadi sebelum berani melakukan tindakan," jelasnya.


Jika sudah terlanjur mencoba, dr. Darma mengungkapkan langkah pertama yang dilakukan adalah mencegah terjadinya infeksi.
"Area bekas tindakan jangan dipegang-pegang, atau dikelupas. Kemudian bekas luka sebaiknya dibersihkan dengan cairan steril (bisa menggunakan cairan infus NaCl 0,9%). Kemudian menggunakan salep antibiotik yang bisa didapatkan setelah konsultasi ke dokter terdekat," ucapnya.

Bukan Pakai Sabun Colek, Ini Cara Hilangkan Tahi Lalat yang AmanFoto: twitter @venthestic

Ia melanjutkan, kandungan pada kapur sirih dan sabun colek, konsentrasinya tinggi dan bersifat korosif. Sehingga saat campuran kedua bahan tersebut diaplikasikan ke kulit bisa menimbulkan luka bakar dan melepuh.


"Apabila telah terjadi iritasi kehitaman, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter, untuk mendapatkan krim yang mengandung bahan anti iritasi dan juga bahan pemutih yang aman sesuai dengan anjuran dokter," pungkasnya.

Bukan Pakai Sabun Colek, Ini Cara Hilangkan Tahi Lalat yang AmanSalah satu wanita yang mengikuti tutorial menghilangkan tahi lalat. Foto: twitter @bdgfess


Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)