Jangan Malas Bersih-bersih Rumah Pascabanjir, Bonusnya Bakar 340 Kalori

Hestianingsih - wolipop Senin, 06 Jan 2020 18:34 WIB
Ilustrasi wanita membersihkan rumah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bersih-bersih rumah pascabanjir memang melelahkan. Selain lantai dan perabot yang penuh lumpur, pakaian yang terendam banjir, juga harus dicuci dan dikeringkan.

Melakukan pembersihan dan beres-beres rumah setelah diterjang banjir ternyata mendatangkan hikmah tersendiri. Mengerjakan semuanya bergotong royong bersama anggota keluarga lain, bisa membantu membakar hingga ratusan kalori.

Menurut pakar fitnes Jane Wake, pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel hingga cuci baju termasuk kategori latihan fisik High Intensity Incidental Physical Activity (HIIPA). HIIPA merupakan segala aktivitas fisik berintensitas tinggi yang tidak dilakukan di gym atau tempat fitnes.

Jangan Malas Bersih-bersih Rumah Pascabanjir, Bonusnya Bakar Ratusan KaloriFoto: shutterstock

Untuk bisa membakar ratusan kalori, sebaiknya kegiatan bersih-bersih pascabanjir dilakukan dengan sebisa mungkin meminimalisir penggunaan alat otomatis atau berteknologi tinggi. Gunakan peralatan konvensional seperti kain pel atau sapu.

"Artinya menyikat, menyapu dan membersihkan menggunakan tangan sebanyak mungkin. Baik itu pakai vakum atau sapu, banyak-banyaklah bergerak, seperti dengan gerakan lunging, dan bersihkan sudut-sudut rumah serta kolong meja atau tempat lainnya yang sulit terjangkau sambil berjongkok," saran Jane, seperti dikutip dari Daily Mail.

Aktivitas seperti memungut sampah dan mengelap lumpur serta kotoran menuntut kamu banyak merunduk dan berjongkok. Jika dilakukan berulang kali gerakan ini sama melelahkannya ketika kamu crouch, squat atau lunge di gym. Belum lagi mengepel seluruh ruangan akan melatih otot lengan, perut serta kaki.

Jangan lupa bersihkan kaca dan bingkai jendela. Gerakan mengelap jendela menggunakan tangan akan melatih otot lengan serta memperkuat siku. Semakin lama menggosok atau mengelap, kalori yang dibakar akan lebih banyak.


Jane menyarankan agar memakai cairan pembersih alami ketimbang yang mengandung bahan kimia keras. Sebab cairan pembersih alami perlu waktu lebih lama untuk membersihkan noda dan kotoran sehingga tubuh lebih banyak bergerak.

"Gunakan cuka dan air untuk membersihkan setiap jendela, gerakkan tubuh dan tangan ke atas dan ke bawah, untuk memberi efek seperti olahraga kardio," sarannya.
Jangan Malas Bersih-bersih Rumah Pascabanjir, Bonusnya Bakar Ratusan KaloriFoto: iStock

Jane mengklaim, aktivitas bersih-bersih dan berberes rumah ini bisa membakar hingga 340 kalori yang setara dengan angkat beban selama 89 menit atau lari selama 34 menit. Jadi, jangan keburu pusing atau mengeluh kalau kamu harus membereskan rumah sendiri pascabanjir, karena bonus tambahan kalori yang terbakar.

Dengan catatan, saat membersihkan dan membereskan rumah, kamu harus menggunakan perlindungan lengkap dari kuman serta bakteri. Seperti sarung tangan, sepatu boots, masker dan cairan desinfektan.

Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)