Suka Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum? Ini Risiko Kesehatannya

Vina Oktiani - wolipop Senin, 16 Des 2019 07:00 WIB
Ilustrasi toilet. Foto: Thinkstock
Jakarta - Toilet memang tempat yang paling banyak menyimpan bakteri, terutama toilet di tempat umum. Saat terpaksa menggunakan toilet umum ini, sebagian orang memiliki kebiasaan manaruh tisu di dudukan toilet terlebih dulu dengan anggapan bisa mencegah paparan bakteri. Tapi ternyata hal ini sama sekali tidak berguna dan justru malah akan membuatmu terpapar lebih banyak bakteri. Mengapa demikian?

Seperti dikutip dari Brightside, setiap kali kita menyiram toilet maka bakteri akan menyebar melalui udara lalu menempel pada bagian-bagian toilet, seperti tembok, gagang pintu, dan obyek-obyek terdekat lainnya, termasuk tisu toilet. Dibandingkan dudukan kloset, tisu toilet justru menyimpan lebih banyak bakteri.

Tisu toilet biasanya diletakkan di sebelah kloset untuk memudahkan para pengguna mengambilnya. Selain karena letaknya yang berdekatan, tisu toilet merupakan benda yang dapat menyerap cairan dengan cepat, sehingga itu akan menjadikannya tempat bakteri berkumpul. Jadi jika kamu menggunakan tisu toilet untuk menutupi dudukan kloset, maka kamu justru bisa terpapar lebih banyak bakteri. Penyakit yang bisa muncul akibat dari bakteri di toilet di antaranya diare, cacingan dan tifus.



Suka Menaruh Tisu di Dudukan Toilet Umum? Ini Risiko KesehatannyaFoto: Thinkstock


Sebenarnya dudukan kloset sendiri bukanlah tempat yang paling kotor yang ada di dalam toilet. Menurut ahli mikrobiologi bernama Charles Gerba, tempat-tempat yang sering disentuh, seperti wastafel, tempat mencuci piring, dan tisu toilet justru jauh lebih kotor dan menyimpan banyak bakteri dibandingkan dengan dudukan kloset.

Dudukan kloset sendiri sengaja dibuat mulus untuk membuatnya tidak mudah ditempeli oleh bakteri. Jadi tidak perlu khawatir, selama kondisi imunitas tubuhmu sehat dan kuat maka kamu tidak akan mudah terserang penyakit karena hal ini. Kebanyakan bakteri dan virus pada toilet juga hanya dapat bertahan dalam jangka waktu yang singkat. Namun jika kamu ingin lebih aman maka kamu bisa membawa sendiri tisu higienis dan mengunakannya untuk menutupi dudukan kloset sehingga dapat mengurangi jumlah paparan bakteri.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa langkah lainnya agar terhindar dari bakteri dan virus. Seperti dengan mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 sampai 30 detik sebelum dan setelah ke kamar mandi. Sabun cukup penting digunakan karena jika hanya mencuci dengan air maka itu tidak akan membunuh bakteri yang ada di tanganmu. Setelah mencuci tangan, jangan menyentuh keran air di wastafel dengan tangan kosong. Kamu bisa menggunakan lap atau tisu untuk mencegah mikroba kembali ke tanganmu.

Selain itu, jangan meletakkan barang-barangmu di lantai atau dekat wastafel. Akan lebih baik jika ada orang lain di luar toilet yang bersedia kamu titipkan. Yang terakhir, jika memungkinkan hindari menyentuh apapun di toilet dengan tangan kosong dan pastikan kamu kembali mencuci tanganmu sebelum memegang wajah, mata, atau hidungmu.




Simak Video "Ramai Video Tisu Toilet Marks & Spencer Berlafadz Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)