Begini Cara Terbaik Masak Mie Shirataki Menurut Ahli Gizi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 21 Okt 2019 06:25 WIB
Cara memasak mie shirataki. Foto: iStock
Jakarta - Diet karbo atau diet rendah karbohidrat memang menjadi salah satu tren diet yang digemari anak muda. Diet ini mengharuskan seseorang mengeleminasi sejumlah besar karbohidrat dari asupan harian.

Maka solusinya adalah mencari alternatif asupan agar diet berjalan lancar dan tubuh tetap sehat serta tidak lemas. Adapun pilihan makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nutrisi pada karbohidrat salah satunya shirataki.

Mie dan beras shirataki tengah jadi tren makanan diet karena kandungan kalorinya yang sangat sedikit namun mengenyangkan. Dokter ahli gizi Dr. Ati Nirwanawati, SKM, MARS, mengatakan shirataki banyak mengandung serat namun memiliki sedikit kalori.



"Shirataki ini asalnya dari umbi gajah yang 100% rasanya hambar, kemudian kalau dikunyah itu liat. Banyak mengandung serat kalau liat," kata Dr. Ati saat dihubungi oleh Wolipop,Kamis (17/10/2019).

Begini Cara Terbaik Masak Mie Shirataki Menurut Ahli GiziFoto: iStock
Ahli gizi yang praktek di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok ini melanjutkan, khusus untuk mie, Shirataki rendah kalori bila dibandingkan dengan mie lainnya. Agar tetap sehat dan kandungan gizinya tidak berkurang, Dr. Ati memberikan saran bagaimana cara masak mie shirataki.

"Cuci dulu sampai bersih mie shirataki, lalu rebus selama 2-3 menit dengan api yang stabil, kemudian ditiriskan. Kalau mau digoreng seperti mie goreng tinggal ditambah yang lainnya. Kalau mau direbus ya direbus aja sesuai dengan selera masing-masing," jelas Dr. Ati. Namun menurut ahli gizi ini, jika kamu sedang menjalankan program diet sebaiknya mengurangi minyak.

Menurut Dr. Ati agar asupan gizi tetap seimbang tambahkan bahan makanan lain dari masakan mie shirataki yang akan dikonsumsi. "Bisa ditambah jamur boleh, sawi bisa, kangkung boleh. Karena shirataki sendiri karbohidratnya itu rendah. Kalau rendah semuanya nanti lama-lama malah kekurangan gizi," tutupnya.

Simak Video "Tren Belanja Online Jadi Pemasok Sampah Plastik Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)