Tren Minum Safron, Gaya Hidup Sehat Zaman Now

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 31 Agu 2019 08:40 WIB
Ilustrasi tren minum safron. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Safron kini menjadi tren minuman kesehatan yang kekinian. Isi kandungan dan manfaat dari saffron yang beraneka ragam membuat tubuh akan selalu sehat dan bugar ketika dikonsumsi setiap hari secara rutin.

Tren minum safron ini terlihat di media sosial dengan berbagai hashtag yang diunggah oleh para pengguna Instagram. Mulai dari hashtag #minumsaffron hingga #saffronindonesia. Mereka yang meminum saffron mengunggah cangkir berisi air berwarna kuning yang merupakan rendaman saffron.

Citra Ayu Mustika yang dikenal sebagai tetegram alias selebgram yang kerap membahas permasalahan seputar ASI, termasuk yang sudah rutin mengonsumsi minuman safron ini. Citra mengaku sudah tiga bulan mencoba minum safron.



Wanita dengan followers lebih dari 119 ribu di Instagram itu mengaku tertarik mencoba minum safron setelah melihat unggahan dokter sekaligus ustad Zaidul Akbar. Dia jadi tahu kalau safron ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tren Minum Safron, Gaya Hidup Sehat Zaman NowFoto: Thinkstock


"Setelah saya cari tahu, safron itu ada tiga jenis dan berasal dari Iran, kashmir India dan Spanyol. Kalau safron Spanyol, jujur saya kurang tahu karena jarang yang dijual di Indonesia. Umumnya yang dijual di pasaran itu safron kashmir yang dari India dan safron Iran," ucap Citra saat berbincang dengan Wolipop, Rabu (28/9/2019).

Selebgram berusia 29 tahun ini tertarik mengonsumsi safron karena banyak kandungan yang baik untuk tubuh. "Kandungan yang ada di safron itu banyak, yaitu mengandung anti oksidan, membantu meredakan stres apa lagi buat ibu-ibu menyusui yang rentan stress itu kan sangat membantu, dan antitussive alami cocok untuk meredakan batuk. Pokoknya salah satu superfood," tuturnya.

Minum safron demi kesehatan juga dilakukan Rara. Dia mulai mengenal manfaat safron sejak awal Februari 2019 saat dirinya dan keluarganya tinggal di Turki.

"Disana safron sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Jadi saya dan keluarga mengonsumsi safron secara rutin," ungkap Rara saat dihubungi Wolipop, Jumat (30/8/2019).

Putri Arishandy, seorang jurus masak di restoran fine dining di Jakarta, juga termasuk orang yang mengikuti gaya hidup sehat dengan minum safron. Sebagai chef, Putri sering menggunakan safron sebagai bumbu masakan dan platting atau hiasan pada makanan yang akan disajikan. Dia baru mengetahui safron memiliki manfaat kesehatan dari rekan sesaman juru masak.

Penasaran, Putri pun mencoba konsumsi safron secara rutin. Setelah enam bulan minum safron, dia merasakan pola tidurnya menjadi lebih teratur.

"Setelah setiap hari minum safron berasa banget menjadi cepat mengantuk. Pada dasarnya saya itu susah untuk tidur, lalu setelah seminggu saya minum sebelum tidur menjadi cepat mengantuk," kata Putri saat dihubungi Wolipop, Jumat (30/8/2019).

Tren mengonsumsi safron mulai hits di Indonesia ini pun dirasakan oleh para penjual safron. Pembelian safron semakin meningkat dari minggu ke minggu.

"Bulan pertama menjual safron hanya laku sekitar 500 gram per bulan, bulan kedua laku sekitar 1-2 kg per bulan, bulan ketiga laku 3-4 kg, sampai bulan ini sudah sekitar 5-6 kg per bulan. Alhamdulillah, meningkat terus data penjualan per bulannya," jelas Ummi Nur Rohmah pemilik akun Instagram @saffronneginid yang sudah lama berjualan saffron ini, kepada Wolipop.





Simak Video "Sejumlah Merek Fashion Dunia Ikut Produksi Masker untuk Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)