Mau Olahraga Weekend Ini? Ketahui Dulu 3 Cara Pilih Sports Bra yang Tepat

Silmia Putri - wolipop Jumat, 26 Okt 2018 12:53 WIB
Foto: Adidas Foto: Adidas

Jakarta -

Meski gaya hidup sehat mulai meningkat di era ini, belum banyak wanita yang sadar pentingnya memakai produk olahraga yang tepat. Salah satunya adalah pemakaian sport bra saat berolahraga.

Ditemui di sela Power Yoga bersama Adidas, dr. Diana F.Suganda M.Kes., SpGK., menjelaskan alasan mengapa para perempuan harus memakai sport bra saat berolahraga. Pemilihan sport bra yang tepat pun sangat diperlukan.

"Kita lihat dulu struktur jaringan payudara. Payudara itu pure isinya lemak, nggak ada jaringan atau otot yang melindunginya. Jadi kalau kita loncat-loncat itu payudara akan bergerak secara sembarangan. Kalau orang bule yang ukuran payudaranya besar, itu bisa sampai 'bouncing' sejauh 12 cm saat loncat-loncat," tutur dokter Diana.

Mau Olahraga Weekend Ini? Ketahui Dulu 3 Cara Pilih Sports Bra yang TepatAcara Power Yoga bersama Adidas memakai sport bra. Foto: Dok. Adidas


Fungsi utama sport bra adalah untuk melindungi payudara dan membuatnya bergerak sesuai dengan gerakan tubuh. Desain sport bra juga dibuat khusus agar tidak terlalu menekan peredaran darah.

"Satu payudara berukuran cup A itu isinya 250 cc per payudara. Jadi, sepasang itu 500 cc. Kalau yang cup B itu isinya bisa 300-350 cc per payudara. Jadi kita bisa membawa hampir satu 1 liter ukuran payudara setiap harinya. Apa jadinya kalau nggak dilindungi?" tandasnya.

Untuk memilih sport bra, ada tiga hal penting yang harus digarisbawahi. Pertama adalah ukuran. Menurut dokter Diana, ukuran sport bra itu harus pas, tidak boleh kekecilan ataupun kebesaran.

"Ukuran sport bra itu sebenarnya sama dengan bra biasanya. Tapi memang, beda merek saja sudah berbeda sizing-nya. Jadi kita harus mencoba dan mengukur langsung di tempat," ungkapnya.

Kedua adalah melihat desainnya. Strap atau tali sport bra harus memiliki lebar minimal 1 cm. Bra biasa memiliki lebar tak sampai 1 cm. Pemakaian bra dengan strap kecil bisa membuat peredaran tidak lancar. Akibatnya bisa jadi sakit kepala atau sakit punggung.

Poin terakhir adalah mengetahui intensitas olahraga yang sering dilakukan. Ritel olahraga yang menjual produk sport bra seperti Adidas memiliki jenis sport bra yang berbeda sesuai dengan intensitas olahraga. Jika olahraganya sudah sangat intens, pilih produk yang memiliki ketahanan ekstra melindungi payudara.
(sil/ami)