Trik Membaca Kepribadian dan Sifat Seseorang dari Tulisan Tangan

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 23 Okt 2018 18:11 WIB
Ilustrasi menulis. Foto: thinkstock Ilustrasi menulis. Foto: thinkstock

Jakarta - Grafologi merupakan sebuah ilmu yang menganalisa tulisan tangan untuk mengetahui kepribadian. Bagaimana cara membaca kepribadian seseorang dari tulisan tangannya? Berikut trik dan cara mudah mengetahui kepribadian seseorang lewat tulisan tangannya.

Menurut grafolog Deborah Dewi, tulisan tangan bukan hanya sebuah seni tetapi juga memiliki kekuatan tersendiri. Kombinasi pola layout, pergerakan, kecepatan, ukuran, kemiringan, jarak, tinggi, lebar, tekanan, bentuk huruf secara detail, koma bahkan tanda titik ketika diintegrasikan dengan tepat bisa menggambarkan karakter pemilik tulisan tangan.



Debo sapaan akrab Deborah merupakan satu-satunya grafolog Indonesia dengan Standar Kompetensi Tenaga Kerja yang sudah di validasi di 83 negara, Standard Competence EC-0293 sebagai Graphologist Expert dan tervalidasi oleh Apostille The Hague Conventio. Ia pun mengungkapkan ada beberapa cara sederhana yang bisa dilihat untuk mengetahui karakter seseorang dari tulisan tangannya. Apa saja?

1. Kombinasi Pola Layout

Kombinasi pola layout yakni komposisi tulisan tangannya yang memenuhi semua lembar. Dikenal juga sebagai picture of space, pola layout ini menunjukkan bagaimana si penulis menempatkan dirinya di lingkungan.

"Jika contohnya seseorang dengan tulisan tangannya tidak mendominasi layout, maka misalnya dia berada di lingkungan keluarga saat lebaran atau idul fitri tidak bisa membaur, melihat lingkungan sekitar dan diam," ungkap Debo di acara Workshop Post-it The Power of Handwriting yang diselenggarakan oleh 3M di Chubb Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

Tulisan tangan Oprah WinfreyTulisan tangan Oprah Winfrey Foto: Istimewa


"Lihat contohnya tulisan Oprah Winfrey, tulisan tangannya mendominasi layout, tulisan tangannya memenuhi semua lembar. Saat dia berada di lingkungan tentu Oprah akan mendominasi menyapa semua tamunya yang datang di sebuah acara, dan ramah," imbuhnya.

2. Movement

Movement merupakan pergerakan kemiringan tulisan, bisa dilihat dari bentuk hurufnya. Movement dalam tulisan tangan menunjukkan pola interaksi sosial dan hubungan dengan seseorang.

"Movement ini bisa dilihat bagaimana tulisannya apakah tiba-tiba kecil atau besar. Jika tulisan statis hampir selalu sama hurufnya, kemudian terlihat seperti diketik yakni spasi hampir sama, maka dia lebih nyaman menjadi independent," ujar Debo.

Tulisan tangan Nelson MandelaTulisan tangan Nelson Mandela Foto: dok. BBC


"Sementara itu tulisan Nelson Mandela bisa dilihat dia karakternya dinamis, bisa menggerakkan seseorang. Tulisannya tiba-tiba kecil dan besar," tambahnya.



3. Form

Form merupakan tulisan yang terlihat berbentuk ada yang tajam dan bulat. Bentuk tulisan tersebut merupakan karakter dorongan internal yang mempengaruhi cara berperilaku.

Atas: Bentuk tulisan bulat, Tengah : Bentuk tulisan tajamAtas: Bentuk tulisan bulat, Tengah : Bentuk tulisan tajam Foto: Anggi Mayasari/Wolipop


"Kalau bulat tipe yang inginnya nyaman, menghindari konflik dan pendekatannya lebih diplimatis. Jika tulisannya tajam berarti dia seseorang yang ulet, tekun dan gigih, to the point," terang Debo.
(agm/eny)