Trik Mengetahui Apakah Anda Bau Badan Tanpa Harus Menciumi Ketiak

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 06 Mei 2017 18:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Bau badan tak sedap tidak hanya menurunkan kepercayaan diri tapi juga membuat orang-orang sekitar tidak nyaman. Saking 'serius' nya masalah bau badan, ada anekdot yang mengatakan kalau kecantikan atau ketampanan seseorang akan luntur apabila dia memiliki bau badan yang menyengat.

Masalahnya tidak semua orang menyadari ketika ia memiliki masalah bau badan. Kebanyakan orang akan menciumi ketiak atau tubuhnya sendiri untuk mengetahui apakah bau badannya menyengat atau tidak.

Ternyata ada cara mengenali bau badan sendiri tanpa harus berkali-kali mencium ketiak Anda. Pertama-tama Anda perlu tahu kenapa seseorang tidak bisa mencium bau badannya sendiri.

Foto: iStock

Menurut Patrick Allan dari weblog gaya hidup ternama Lifehacker, reseptor pada hidung bisa saja 'kebal' dengan aroma tubuh sendiri, atau aroma lainnya jika itu terhirup terus-menerus. Alhasil reseptor pada hidung Anda akan merespon bau badan sebagai sesuatu yang normal. Bukan bau yang tidak sedap.

"Reseptor pada hidung yang normalnya merespon berbagai aroma menjadi tidak aktif lagi setelah dihantam terus-menerus dengan aroma yang sama dalam waktu lama," jelas Patrick, seperti dikutip dari Mirror.

"Intinya, hidung Anda menjadi kebal oleh bau badan Anda sendiri," tambahnya.
Foto: Thinkstock

Lalu bagaimana cara mengetahui bau badan sendiri? Patrick menyarankan untuk menggunakan kopi untuk membuat reseptor hidung menjadi lebih sensitif terhadap aroma tubuh.

"Kopi adalah komponen dengan aroma kuat yang memberi waktu bagi reseptor pada hidung Anda untuk 'istirahat' dari aroma yang selama ini membaui Anda (bau badan sendiri)," ujar Patrick.

Ia kembali menjelaskan, itulah sebabnya kenapa umumnya department store atau pusat perbelanjaan selalu menyediakan biji kopi di area penjualan parfum. Anda bisa mencoba parfum tertentu, lalu menetralkan kembali indera penciuman dengan menghirup kopi agar bisa membedakan wewangian yang berbeda dengan lebih seksama.

Jadi jika ingin menggunakan biji atau bubuk kopi untuk mengenali bau badan sendiri, Anda bisa pergi ke toilet, hirup beberapa kali kopinya lalu tunggu apakah ada aroma tak sedap dari tubuh. Jika tidak tercium apa-apa, Anda bisa lega karena itu berarti Anda aman dari bau badan.
Foto: Dikhy Sasra

Tapi bukan berarti Anda jadi malas menjaga kebersihan badan. Higienitas diri sendiri tetap harus diperhatikan agar bau badan tak menyerang nantinya.

Efek dari kopi juga tidak selalu bisa dirasakan langsung begitu Anda menghirup biji-bijian berkafein ini. Psikolog Pamela Dalton menjelaskan, perlu waktu beberapa lama untuk mengenali aroma tertentu setelah sekian lama 'kebal'.

"Perlu waktu sedikit lebih lama untuk me-reset indra penciuman kita, dan jika ingin benar-benar maksimal bisa memakan waktu hingga beberapa minggu," kata psikolog yang praktek di Monell Chemical Senses Center, Amerika Serikat ini. (hst/hst)