Kulit Kering dan Bersisik, Tidak Selalu karena Kurang Pakai Pelembap

Hestianingsih - wolipop Rabu, 10 Agu 2016 16:13 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Solihull - Saat kulit kering, biasanya yang Anda lakukan adalah memperbanyak minum air atau mengoleskan pelembap. Namun setelah melakukan itu semua, kulit masih terasa kering bahkan bersisik? Bisa jadi masalahnya bukan hanya terjadi di permukaan tapi ada masalah terjadi pada bagian tubuh yang lebih dalam.

Dermatologist asal Inggris Dr Joanna Gach menjelaskan bahwa kulit merupakan organ tubuh terbesar jadi ketika ada gangguan di dalam tubuh, maka bisa terlihat tanda-tandanya dari luar. Sebagian besar perubahan pada kulit bisa jadi karena eksim atau infeksi yang mudah didiagnosa dan diobati. Namun beberapa bisa jadi merupakan tanda adanya masalah yang lebih serius.


"Sering kali kondisi yang lebih berbahaya justru tidak memunculkan rasa sakit apa pun jadi penting untuk memerhatikan (perubahan kulit) secara serius," ujar dokter dari Spire Parkway Hospital di Solihull, Inggris ini, seperti dikutip dari Daily Record.

Baca Juga: 25 Padu Padan Tampil Stylish dengan Kain Indonesia

Lalu apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh ketika kulit tiba-tiba menjadi sangat kering hingga terlihat bersisik dan terasa gatal? Gejala ini, dijelaskan Dr Joanna bisa jadi tanda adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid berfungsi mengontrol hormon-hormon di tubuh dan ketika tidak berfungsi dengan semestinya, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit juga rambut. Tiroid yang kurang aktif akan mengakibatkan kulit kering dan gatal-fatal karena kehilangan elastisitasnya.

Kekurangan tiroid juga membuat kulit terlihat pucat, sedikit berwarna keabu-abuan. Gejala lainnya yang timbul akibat kekurangan tiroid adalah mudah lelah, rambut rontok, alis menipis, kenaikan berat badan, nyeri otot hingga depresi.

Jika kulit kering disertai dengan gejala-gejala tersebut di atas, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke internist untuk didiagnosa apakah benar penyebabnya karena masala tiroid. Biasanya dokter akan mengobati dengan memberikan resep obat untuk menambah produksi hormon.
(hst/hst)