Alpukat, Buah Creamy nan Lezat yang Bantu Turunkan Berat Badan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 02 Agu 2016 13:56 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Alpukat merupakan buah dengan rasa yang creamy dan lezat. Selain itu buah berwarna hijau-kuning ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari jus, smoothie, salad hingga sushi.

Meskipun mengandung kalori cukup tinggi ketimbang buah lainnya --180 kalori per setengah potong-- penelitian menunjukkan bahwa alpukat sebenarnya bisa menjadi makanan yang ideal dalam program diet penurunan berat badan. Jurnal Cell Metabolism mencatat alpukat membuat perut terasa lebih penuh sehingga hasrat makan lebih terkontrol.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang mendorong produksi senyawa tertentu di dalam usus usus kecil. Bagian usus inilah yang mengendalikan rasa lapar.


"Alpukat merupakan sumber yang baik untuk nutrisi penting dan lemak sehat seperti oleic acid, yang membantu menurunkan kolesterol dan pilihan ideal untuk program penurunan berat badan," jelas pakar fitnes dan kesehatan David Lloyd Leisure, seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain itu alpukat juga memiliki kalori serta lemak sehat yang cukup untuk menutrisi tubuh, tapi tak membuat kelebihan berat badan. David menurutkan jika dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang cukup, alpukat bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun perlu diingat walaupun alpukat kaya nutrisi dan lezat rasanya, kandungan kalorinya cukup tinggi. Maka dari itu perlu dibatasi konsumsinya cukup setengah potong sehari.

Tak hanya membantu penurunan berat badan, alpukat juga memberikan berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan. Pakar diet Sue Basic mengatakan bahwa alpukat adalah 'makanan luar biasa' yang kaya nutrisi.

"Buah ini terbentuk dari lemak tak jenuh tunggal, salah satu bentuk lemak paling sehat yang juga terdapat dalam minyak rapeseed dan zaitun," terang Sue.

Nutrisi lainnya yang dikandung alpukat adalah potassium dan vitamin E. Dilansir Huffington Post, potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf. Sementara vitamin E berkhasiat sebagai antioksidan serta merawat kecantikan kulit. (hst/hst)