Bra Punya Masa 'Kedaluwarsa', Ganti Setelah 1 Tahun Dipakai

Hestianingsih - wolipop Kamis, 17 Mar 2016 11:24 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Bra berkualitas baik dan ukuran yang pas bisa menopang payudara dengan sempurna. Namun setinggi apapun kualitasnya, masa pakai bra juga ada batasnya.

Umumnya bra masih bagus dipakai hingga satu tahun setelah pemakaian pertama. Lebih dari setahun, tali bra akan mengendur dan kawat juga tidak lagi sempurna bentuknya sehingga kurang bagus menopang payudara.

Lain lagi dengan sports bra, atau bra yang khusus dipakai untuk olahraga. Menurut pakar gaya dan kebugaran Jenny Altman, sports bra biasanya memiliki masa pakai yang lebih cepat ketimbang bra jenis lainnya.

Saat berolahraga, tubuh lebih banyak bergerak dan goyangan payudara pun lebih intens. Guncangan pada payudara yang terjadi ketika tubuh bergerak membuat bra lebih cepat kehilangan elastisitasnya.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

Umumnya tali sports bra akan mulai meregang dan mengendur setelah enam bulan pemakaian jika Anda termasuk orang yang rajin olahraga, minimal dua atau tiga kali seminggu. Untuk menjaga agar bra tidak cepat rusak dan melar, perawatannya pun harus diperhatikan.

Perawatan bra yang benar akan memperpanjang usia pakai bra, meskipun tidak terlalu signifikan. Maksimal enam bulan lebih lama.

Seperti dikutip dari Women's Health, Jenny menyarankan untuk mencuci bra secara manual menggunakan tangan. Mencuci dan mengeringkannya di mesin akan merusak kawat dan bantalan bra.

Tidak punya waktu untuk mencucinya dengan tangan? Anda bisa membersihkan bra selagi mandi, dengan sabun mandi biasa. Material bra biasanya halus dan tipis sehingga tidak harus selalu mencucinya dengan deterjen berformula keras. Setelah dicuci, gantung menggunakan hanger dan keringkan dengan cara dijemur.

Anda tidak perlu mencuci bra setiap satu kali pemakaian. Cucilah setiap dua atau tiga kali pemakaian jika aktivitas Anda normal (tidak berolahraga atau beraktivitas keras yang mengeluarkan banyak keringat). Tapi sebaiknya tidak menggunakan bra yang sama dua atau tiga kali berturut-turut karena bisa membuatnya cepat melar. Pakailah bra secara bergantian. (hst/hst)