Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari untuk Bunuh Kuman, Efektifkah?

Hestianingsih - wolipop Rabu, 21 Mei 2014 07:39 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Menjemur kasur atau karpet di bawah teriknya matahari diyakini bisa membunuh kuman, bakteri atau kutu yang bersarang di serat-serat kainnya. Namun ternyata menjemur saja tidak cukup untuk terhindar dari gangguan kesehatan.

Kutu atau kuman pada kasur atau karpet memang bisa mati dengan cara dijemur, namun tidak cukup efektif untuk terhindar dari reaksi alergi yang ditimbulkannya. Seperti dikutip dari ABC Australia, kutu dan kuman merupakan salah satu pemicu gejala alergi paling umum. Kutu, seperti halnya hewan lainnya mengeluarkan kotoran, cairan juga beberapa bagian tubuhnya terdapat sejenis protein yang bisa menimbulkan alergi.

Saat kotoran dan cairan dari kutu mengenai permukaan kasur, bantal atau karpet, residunya tetap tertinggal dan sulit hilang jika hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Peneliti tentang alergi Dr Euan Tovey dari Sydney University pun menyatakan, cara tersebut bukan satu-satunya solusi untuk membersihkan perangkat rumah Anda dari debu dan kuman secara total.

Ia mengungkapkan, menjemur karpet, kasur atau bantal selama tiga jam cukup efektif membunuh semua kutu dan kuman. Tapi tidak menyingkirkan allergen-nya (pemicu alergi).

"Hanya membunuh kutunya saja tidak bisa menghilangkan risiko terkena alergi. Jadi Anda juga harus menyingkirkan allergen-nya," ujar Dr Euan.

Dia menyarankan untuk mencuci karpet dengan sabun dan air minimal satu atau dua kali setahun. Gosok-gosok permukaannya sampai bersih, bilas dengan air lalu jemur seharian.

Dr Tovey mengatakan, allergen adalah substansi yang sangat mudah larut dalam air. Jadi untuk memastikan Anda membersihkan secara tuntas residu yang ditinggalkan kutu serta kuman, cucilah menggunakan air hangat dan deterjen. Cara ini akan menyingkirkan pemicu alergi hingga 97 persen dari perabotan Anda.

Sementara untuk kasur, membersihkannya memang agak sulit dan membutuhkan waktu seharian. Tapi bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti pada karpet. Agar tidak harus mencucinya setahun sekali, Anda bisa memasang pelindung matras yang bisa dibeli di toko penyedia perangkat rumah tangga.

(hst/kik)