9 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri

- wolipop Rabu, 31 Okt 2012 10:10 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Percaya diri merupakan salah satu hal yang dapat kita andalkan dan selalu kita butuhkan dalam mencapai sesuatu. Begitu pula dalam era modern seperti saat ini , rasa percaya diri dapat memiliki arti yang beragam. Salah satunya physical confidence, atau kepercayaan diri secara fisik.

Menurut Dr. Pulkit Sharma, Clinical Psychologist and Psychoanalytical Therapist dari Rumah Sakit Vimhans, Delhi, India, memiliki rasa percaya diri yang berasal dari pikiran dan juga perilaku yang baik menghindarkan kita dari gangguan kesehatan fisik, mental, dan juga kejiwaan.

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling penting dilakukan untuk mendapatkan physical confidence tersebut. Ketidakseimbangan postur, otot-otot yang tegang dan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan fisik sehari-hari merupakan salah satu alasan mengapa olahraga dibutuhkan. Dengan terciptanya kesempurnaan pada tubuh, otomatis kepercayaan diri pun terbentuk. Ini dia yang membuat olahraga bisa bantu meningkatkan rasa percaya diri, seperti dikutip dari Times of India.

1. Rasa Pencapaian
Ketika berolahraga, rasa percaya diri akan meningkat karena kita telah mau menyemangati diri sendiri untuk aktif bergerak ketimbang hanya duduk diam mendengarkan masalah atau gosip yang sedang terjadi. Aktif bergerak, tentu lebih sehat ketimbang duduk santai tanpa melakukan apapun.

2. Meningkatkan Rasa Nyaman
Saat fisik aktif, tubuh melepaskan senyawa endorfin yang mampu mencegah stres dan membuat kondisi psikologi seseorang terasa lebih nyaman. Hal inilah yang membuat rasa percaya diri meningkat ketika sedang berolahraga.

3. Kesehatan Fisik
Olahraga secara rutin akan membuat sistem imun meningkat dan menangkal berbagai virus serta penyakit yang berbahaya. Dengan fisik yang sehat, membuat kita merasa lebih mencintai diri sendiri.

4. Penampilan Lebih Menarik
Olahraga membuat penampilan dan bentuk tubuh menjadi lebih baik. Penampilan yang cantik dan menarik akan meningkatkan raa percaya diri setiap orang.

5. Memperbaiki Mood
Jika perasaan sedang sedih ataupun buruk, olahraga dapat membuat kita merasa lebih baik dan kembali percaya diri. Olahraga juga salah satu solusi yang baik yang dapat membuat hidup lebih terkontrol, sehingga mood kita siap untuk melakukan hal-hal dan tantangan baru.

6. Bersosialisasi dengan Orang Baru
Megikuti kelas di gym, jogging di sekitar rumah, ataupun mengikuti kelas yoga, membuat kita dapat mengenal dan menjalin hubungan dengan orang-orang baru di sekitar kita. Bersosialisasi, dapat meningkatkan rasa percaya diri.

7. Membangkitkan Semangat Kompetisi
Dengan berolahraga, kita menantang diri dalam suatu kompetisi, di mana kita mencoba untuk melebihi limit ataupun batasan sendiri. Setelah tantangan itu tercapai, otomatis kita akan lebih menghargai diri sendiri yang akhirnya membentuk kepercayaan diri.

8. Meningkatkan Performa Seksual
Olahraga dapat meningkatkan stamina dan performa seksual serta meningkatkan rasa percaya diri, yang akan membuat kehidupan seksual seseorang menjadi lebih baik.

9. Perhatian dan Konsentrasi yang Lebih Baik
Olahraga dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi yang lebih baik. Hal ini merupakan salah satu faktor yang baik dalam pekerjaan, karena kita dapat menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

(hst/kik)