Liputan Khusus

Tips untuk Pemula yang Ingin Coba Food Combining

- wolipop Jumat, 12 Okt 2012 15:59 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Jangan berpikir food combining itu sulit dilakukan. Anda bisa melakukannya di mana saja, termasuk di warteg sekalipun. Siap mencoba? Ini tipsnya untuk pemula. Tips dibuat berdasarkan perbincangan wolipop dengan pakar food combining Erikar Lebang di Tebet Green Mall, Jakarta Selatan, belum lama ini. Dalam bukunya 'Mitos dan Fakta Kesehatan', Erikar juga menuliskan cara makan, waktu makan dan apa saja yang bisa dimakan ketika menjalani food combining.

1. Mulailah dengan sarapan buah yang berserat, berair dan manisnya karena matang di pohon. Buah-buahan tersebut misalnya pepaya dan melon. Kenapa harus buah? Penjelasannya bisa dibaca di sini.

Jika ingin mengonsumsi pisang dan mangga, sebaiknya tidak dimakan sebagai buah pertama yang dikonsumsi pada pagi hari. Setelah itu tidak akan menjadi masalah. Konsumsi buah secara repetitif antara pagi hingga jelang makan siang karena buah bersifat cepat mengenyangkan dan cepat membuat lapar.

Buah yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi. Namun hindari buah beralkohol seperti durian, nangka dan cempedak karena tidak sesuai dengan kriteria buah baik santap di pagi hari.

3. Sayuran mentah bisa jadi pengganti buah bila Anda tidak bisa mendapatkan buah. Kenapa mentah? Ketika sayuran dimasak, kandungan pentingnya (magnesium hingga kalsium) sangat mudah rusak. Melalui proses olah yang panjang (dipanaskan terlalu lama), sayuran berubah menjadi makanan tidak berenzim ketika dikonsumsi.

4. Saat makan siang dan malam, sesuai aturan food combining, kombinasi yang paling serasi adalah mengonsumsi protein (hewani) dan sayur. Sekali lagi sayuran yang dikonsumsi sebaiknya bukan dalam kondisi yang sudah diproses (misalnya dipanaskan terlalu lama). Kenapa yang paling serasi protein (hewani) dan sayur? Anda bisa membaca penjelasannya di sini.

5. Usahakan makan malam sebelum pukul 20.00. Setelah pukul 20.00 hingga 04.00 pagi, tubuh sesuai ritme sirkadian sudah masuk dalam tahap memproses makanan yang telah dimakan. Pada tahap ini, tubuh butuh energi yang besar. Itulah sebabnya di waktu tersebut menjadi waktu tersebut.

6. Sayuran dan buah segar berkualitas sangat disarankan untuk dikonsumsi. "Organik adalah pilihan utama," jelas Erikar. Namun jika Anda sulit mendapatkan buah dan sayur organik, pastikan mencuci bersih semuanya sebelum dikonsumsi.

Gunakan air yang mengalir deras saat mencuci buah dan sayur. "Bisa juga mencuci pakai cuka apel. Rendam dalam baskom kecil, tetesin tiga tetes cuka apel. Biasanya airnya akan berubah warna," saran Erikar yang juga dikenal sebagai instruktur yoga itu.

Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan cairan sabun khusus sayur dan buah yang banyak dijual di toko kesehatan. Menurut Erikar ada juga yang menyarankan mencuci dengan air garam.

7. Saat menjalani food combining, Anda tidak harus menjalankannya selama seminggu penuh. Anda bisa tetap memiliki hari untuk membolos. Hari membolos ini sebaiknya jangan dijadwalkan khusus di hari Sabtu dan Minggu. "Kalau sudah tahu hari biasa kacau-balau, Sabtu-Minggu jangan kacau-balau juga," ujar Erikar.



(eny/kik)