ADVERTISEMENT

Berlian Pink Bentuk Pir Dilelang, Terjual Rp 321 Miliar

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Rabu, 09 Nov 2022 19:30 WIB
Berlian bernama The Fortune Pink seberat 18,18 karat terjual Rp 321 miliar di pelelangan Christies di Jenewa, Swiss. Berlian bernama "The Fortune Pink" seberat 18,18 karat terjual Rp 321 miliar di pelelangan Christie's di Jenewa, Swiss. Foto: AP/Martial Trezzini
Jakarta -

Salah satu berlian paling langka dunia berhasil terjual hingga ratusan miliar rupiah. Berlian berwarna pink terang tersebut dilelang di Jenewa, Swiss.

Berlian bernama Fortune Pink ini ditawarkan oleh badan pelelangan Christie's pada 2 November 2022 dan diestimasi terjual di harga USD 25 juta (sekitar Rp 279 miliar) hingga USD 35 juta (sekitar Rp 391 miliar). Tak jauh dari perkiraan, berlian seberat 18,18 karat ini berhasil terjual senilai USD 28,8 juta atau sekitar Rp 321,8 miliar.

Fortune Pink merupakan berlian pink bentuk pir terbesar yang pernah dilelang. Sebelumnya pada 2018, Christie's juga pernah melelang berlian pink yang diberi nama Winston Pink Legacy.

Berlian seberat 18,96 karat tersebut terjual senilai USD 50 atau sekitar Rp 737 miliar. Berlian yang ditemukan di Afrika Selatan itu dibeli perusahaan perhiasan ternama Amerika Serikat, Harry Winston.

Berlian berwarna pink merupakan salah satu harta karun paling mahal dan bernilai di dunia. Berlian jenis ini termasuk langka dan hanya sedikit persentasenya di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan proses yang dialami sebuah batu berlian untuk menjadi warna pink terjadi sangat jarang. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di bidang gemologi dan seni perhiasan tergabung di GIA (Gemological Institute of America), warna pink pada berlian alami 99,5 persennya didapat dari distorsi struktur kristal pada batu itu sendiri.

Hal ini berbeda dengan berlian warna lain seperti kuning, biru atau hijau yang merupakan hasil dari jejak elemen atau zat. Seperti nitrogen, yang membuat berlian berwarna kuning, atau boron, yang menghasilkan berlian berwarna biru.



Simak Video "Keistimewaan Mahkota Berlian di Atas Peti Jenazah Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)