ADVERTISEMENT

5 Ragam Tren Baju Lebaran 2022 Versi Ivan Gunawan Hingga Chossy Latu

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 25 Apr 2022 17:30 WIB
Ivan Gunawan saat fashion show Ikatan Perancang Mode Indonesia Raya Collections 2022. (Foto: Dok. Ivan Gunawan) Ivan Gunawan saat fashion show 'Ikatan Perancang Mode Indonesia Raya Collections 2022'. (Foto: Dok. Ivan Gunawan)
Jakarta -

Desainer anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menyambut Idul Fitri dengan menyajikan tren baju Lebaran 2022. Busana penuh warna dengan sentuhan budaya Indonesia yang merefleksikan optimisme menjadi tawaran mereka.

Koleksi tersebut diperkenalkan di peragaan bertajuk 'Ikatan Perancang Mode Indonesia Raya Collections 2022' yang berlangsung di Le Meridien Hotel Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Berbeda dari IPMI Trend Show yang rutin digelar setiap tahun sebelum pandemi, acara ini sekaligus menjadi ajang reuni bagi para desainer IPMI untuk berbagi panggung dalam berkarya.

Adalah Ivan Gunawan yang berada di balik 'proyek dadakan' ini. Presenter dan perancang yang baru resmi menjadi anggota IPMI pada akhir 2019 ini mengumpulkan para seniornya untuk menyajikan tren baju Lebaran 2022 versi masing-masing.

Adapun nama-nama desainer kondang yang terlibat di antaranya Sebastian Gunawan, Ghea Panggabean, Mel Ahyar, Chossy Latu, Era Soekamto, dan termasuk Ivan Gunawan sendiri.

Para tamu yang hadir tidak duduk di bangku yang berbaris-baris seperti biasanya, tapi di kursi yang berada di meja makan panjang dengan table-setting yang glamor. Usai fashion show, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Sayangnya di balik dekorasi yang menawan itu, tidak semua yang diundang dapat merasakan pengalaman yang sama dalam menikmati koleksi di panggung. Seperti yang dialami oleh sejumlah penulis mode dari media resmi yang hanya diperbolehkan meliput di area yang terpisah (tidak mendapat kursi di meja makan).

Situasi seperti ini jarang terjadi di peragaan desainer besar. Semua tamu, termasuk media yang mendapat undangan resmi, selalu diperlakukan sama. Padahal, ini bukan kalinya tim Ivan Gunawan menggelar sebuah fashion show.

Kembali ke rancangan para desainer IPMI, berikut sejumlah ragam tren baju Lebaran 2022 yang tersaji di fashion show tersebut:


1. Sebastian Gunawan

Perancang ternama Sebastian Gunawan memanfaatkan momen Lebaran tahun ini untuk memperkenalkan lini terbarunya, Votum Heritage. Kreasi yang mengangkat keindahan motif Nusantara menjadi fokus Seba, demikian ia akrab disapa, untuk lini ini.

Sebagai opsi busana Lebaran, ia mempersembahkan deretan busana dalam potongan tunik, kaftan, hingga jumpsuit yang dihiasi motif-motif print khas Dayak dan Toraja. Palet biru yang mendominasi meninggalkan kesan yang teduh di hati.

Votum Heritage by Sebastian Gunawan di IPMI 2022Votum Heritage by Sebastian Gunawan di IPMI 2022 Foto: Abduh/Detikcom
Votum Heritage by Sebastian Gunawan di IPMI 2022Votum Heritage by Sebastian Gunawan di IPMI 2022 Foto: Abduh/Detikcom


2. Ghea Panggabean

Untuk tren baju lebaran 2022, Ghea Panggabean justru menggali inspirasi dari Pulau Dewata dengan mengusum tema 'Ke(m)BALI'. Menurut Ghea, tema tersebut dapat dimaknai seperti manusia yang kembali ke fitrah seutuhnya pada bulan Ramadan yang suci.

Sebagai pembuka, hadir koleksi serba putih yang bertema 'Astungkara' atau berarti 'hopefully', seperti ungkapan 'Insyaallah'. Keindahan songket Bali ditungkan ke dalam pakaian muslim dengan sentuhan bordir emas sebagaimana ciri khas Ghea di atas kain satin, chiffon dan shantung.

"Bali Bohemianism" menjadi sajian penutup lewat busana berbahan jumputan yang tampilannya mencerminkan gaya berpakaian di Bali yang penuh dengan kebahagiaan, kebebasan, spiritualitas dan kreativitas.

Ghea Panggabean di IPMI 2022Ghea Panggabean di IPMI 2022 Foto: Abduh/Detikcom
Ghea Panggabean di IPMI 2022Ghea Panggabean di IPMI 2022 Foto: Abduh/Detikcom

Selanjutnya
Halaman
1 2