ADVERTISEMENT

Lelang Sneakers Nike Louis Vuitton Terakhir Virgil Abloh, Ditaksir Rp 87 M

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 03 Feb 2022 07:30 WIB
Sneakers Air Jordan 1 Nike Louis Vuitton Karya Virgil Abloh Sneakers Air Force 1 Nike dan Louis Vuitton karya mendiang Virgil Abloh. (Foto: Dok. Louis Vuitton)
Paris -

Sebelum mengembuskan napas terakhirnya pada November 2021 lalu, desainer Virgil Abloh telah merampungkan koleksi sneakers buah kolaborasi Nike dan Louis Vuitton. Meski Abloh telah tiada, sneakers tersebut tetap dilelang sesuai rencana. Namun di luar dugaan, harganya terus melambung tinggi.

Terdapat 200 pasang sneakers Nike dan Louis Vuitton 'Air Force 1' dalam pelelangan yang digelar oleh Sotheby's pada 26 Januari - 8 Februari 2022. Harga dibuka dari US$ 2.000 atau Rp 28 juta per sneakers. Awalnya, keseluruhan koleksi ini diprediksi bakal laku terjual pada kisaran harga US$ 1 juta hingga US$ 3 juta (Rp 14,3 miliar - Rp 43 miliar).

Sneakers Air Jordan 1 Nike Louis Vuitton Karya Virgil Abloh(Foto: Dok. Louis Vuitton)

"Saat ini, total harga penawaran sudah sampai US$ 6,1 juta (Rp 87,6 miliar)," ujar Brahm Wachter dari divisi koleksi streetwear Sotheby's kepada Reuters. Dikabarkan pula, jumlah penawar yang berminat memecahkan rekor Sotheby's pada hari pertama untuk pelelangan online.

Pelelangan ini menandai kali pertama dirilisnya Nike dan Louis Vuitton 'Air Force One 1'. Sebelum itu, Virgil Abloh sudah mempresentasikan beberapa desain dari sneakers tersebut saat peragaan Louis Vuitton Spring-Summer 2022 pada Juni 2021 lalu.

Berbarengan dengan itu, tahun ini seri Nike Air Force 1 genap berusia 40 tahun. Didesain perdana pada 1982, sneakers Air Force telah menjadi fenomena global dan 'diagungkan' oleh para sneakerhead di seluruh dunia.

Sneakers Air Jordan 1 Nike Louis Vuitton Karya Virgil AblohSneakers Air Jordan 1 Nike Louis Vuitton karya Virgil Abloh dikemas dalam kotak sepatu berbentuk koper berwarna oranye terang. (Foto: Dok. Louis Vuitton)

Sneakers yang dilelang oleh Sotheby's dibuat secara eksklusif di Italia dengan material kulit sapi premium yang dihiasi motif Monogram dan Damier Louis Vuitton.

Kotak sepatunya pun hadir dalam desain khusus dengan baluran warna oranye yang mencolok. Berbentuk koper kanvas Louis Vuitton yang ikonis itu, pilot case juga dihiasi aksen kulit dan metal putih yang mempertegas kemewahan. Tidak ketinggalan gantungan berbentuk logo Nike 'Swoosh'. Untuk ukuran koper, disesuaikan dengan ukuran sepatu di dalamnya sehingga semakin membuat memorabilia ini terasa personal.

Menurut laporan Hypebeast, sepatu ukuran 11 menjadi salah satu produk yang paling diminati. Harganya sudah ditawar hingga US$ 90.000 atau Rp 1,3 miliar per sepatu.



Simak Video "LV Pamerkan Koleksi Terakhir Virgil Aboh Lewat 'Virgil Was Here'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)