The Fabulist 2021

10 Kolaborasi Fashion Paling Hits Sepanjang 2021

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 16 Des 2021 07:30 WIB
ROME, ITALY - APRIL 15: A detail from Gucci Aria collection on April 15, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Ernesto S. Ruscio/Getty Images for Gucci) Foto: Dok. Fendi & Versace
Jakarta -

Berbagai kolaborasi meramaikan dunia fashion selama setahun terakhir. Beberapa di antaranya ada yang tak terduga.

Pandemi COVID-19 tak memadamkan api semangat para pelaku industri fashion untuk berkarya. Di tengah situasi yang penuh tantangan ini, mereka 'dipaksa' untuk lebih kreatif dan inovatif.

Salah satu wujudnya adalah bersinergi dengan brand lain yang mungkin selama ini menjadi rival. Bahkan, kolaborasi yang terjalin juga bisa antar dua merek yang berbeda bidang.

Berikut 10 kolaborasi fashion yang menjadi sorotan sepanjang 2021:


1 Gucci x Balenciaga

ROME, ITALY - APRIL 15: A detail from Gucci Aria collection on April 15, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Ernesto S. Ruscio/Getty Images for Gucci) Foto: Getty Images for Gucci/Ernesto S. Ruscio

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Gucci benar-benar menggandeng rivalnya, Balenciaga. Meski sama-sama berada di bawah naungan grup Kering, kedua merek ini tetaplah lawan satu sama lain di ranah produk luxury.

Seperti apa koleksi mereka? Baca selengkapnya di sini.


2 Versace x Fendi

Donatella Versace dan Kim Jones - FendaceDonatella Versace dan Kim Jones - Fendace Foto: Dok. Fendi & Versace

Atas nama persahabatan, Fendi dan Versace, dua nama besar fashion Italia yang saling bersaing, bersatu. Kebersamaan itu membuahkan sebuah ide desain yang belum pernah ada sebelumnya.

Masing-masing rumah mode saling bertukar desainer. Fendace diperkenalkan saat Milan Fashion Week edisi Spring-Summer 2022. Lihat kolaborasi mereka di sini.


3. Skims x Fendi

Skims x FendiSkims x Fendi (Foto: Dok. Fendi)

Setelah Versace, Fendi berkolaborasi dengan Kim Kardashian. Lewat Instagram, Kim Kardashian mengumumkan Skims dan Fendi yang berada di bawah arahan desainer Kim Jones, berkolaborasi untuk sebuah koleksi kapsul.

Tak cuma pakaian dalam, koleksi ini juga mencakup pilihan dress, outerwear, hingga aksesori seperti tas. Harga atasan dan terusan mulai dari US$ 950 (Rp 13,4 juta), sementara dijual seharga US$ 1.100 (Rp 15,5 juta). Adapun puffer jacket berharga US$ 2.950 (Rp 41 juta). Selengkapnya baca di sini.


4. Tommy Hilfiger x Timberland

Peluncuran Koleksi Tommy Hilfiger x TimberlandPeluncuran Koleksi Tommy Hilfiger x Timberland (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Menyusul kesuksesan koleksi kolaborasinya dengan selebriti dunia seperti Gigi Hadid, desainer Tommy Hilfiger kembali menggandeng nama besar. Kali ini, giliran Timberland, brand yang terkenal dengan produk outdoor boots-nya.

Kejayaan fashion era 1990-an yang penuh warna menjadi sumber inspirasi bagi Tommy Hilfiger dan Timberland. "Kolaborasi ini seperti kilas balik ke 90-an, masa-masa Tommy Hilfiger benar-benar terasa streetwear," ungkap Division Manager Tommy Hilfiger Indonesia Olaf Djanuismadi saat acara preview. Intip koleksinya di sini.


5. Gucci x Xbox

Jalin Kolaborasi dengan Gucci, Harga Xbox Series X Mencapai Rp 142 Juta (Foto: Gucci)

Xbox menjalin kerja sama dengan merek fashion mewah dan ternama di dunia, yaitu Gucci. Menyuguhkan Xbox Series X Limited Edition, dengan harga jual hingga USD 10.000 atau sekitar Rp 142 juta.

Untuk bentuk yang ditawarkan masih serupa saat pertama kali rilis. Hanya saja, konsol next-gen ini menampilkan desain ikonik nan mewah dari Gucci, bertuliskan pola 'GG'. Baca kolaborasi mereka selengkapnya di sini.

6. TikTok & Desainer Indonesia

[Gambas:Instagram]



Desainer Indonesia mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan TikTok di Jakarta Fashion Week 2022. Aplikasi media sosial berbasis video singkat asal China itu juga meluncurkan koleksi pakaian buah kolaborasinya dengan Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji.

Seperti apa hasilnya? Intip kolaborasi mereka di sini.


7. Vespa x Dior

[Gambas:Instagram]



Apa jadinya ketika sebuah brand fashion bersinergi dengan sebuah nama besar otomotif? Inilah yang terjadi antara Christian Dior dan Vespa.

Dalam situs resminya, Dior menyebutkan Vespa 946 Christian Dior ini dirancang oleh sang direktur kreatif Maria Grazia Chiuri. Seperti dikutip dari detikOto, Vespa Christian Dior ini sudah masuk ke Indonesia namun jumlahnya sangat terbatas. Vespa Dior pernah terjual seharga Rp 1,35 miliar dalam sebuah lelang yang dilakukan Boston Motoshop. Salah satu pemiliknya adalah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.


8. Balenciaga x PS

Harga Baju dan Hoodie PS5 lebih Mahal Dari Konsolnya(Foto: Dok. Balenciaga)

Sony PlayStation tengah berkolaborasi dengan merek fashion terkenal, Balenciaga. Harga pakaian yang ditawarkan lebih mahal dari harga konsol PS5 itu sendiri.

Kolaborasi tak terduga ini tidak hanya menghadirkan t-shirt saja, ada beberapa model pakaian lain yang dijualnya. Mulai dari kaos kaki, topi, hoodie dan t-shirt tentunya.


9. Gucci x North Face

Koleksi The North Face x GucciKoleksi The North Face x Gucci (Foto: Dok. Gucci & The North Face)

Kolaborasi yang satu ini terbilang unik lantaran mengawinkan dua nama besar dengan fokus produk yang berbeda. Didirikan pada 1968, The North Face menawarkan pakaian olahraga dan perlengkapan outdoor.

Sementara itu, Gucci yang tahun ini genap berusia ke-100 terkenal sebagai salah satu merek high-end fashion terkemuka di dunia dari Italia. Baca koleksinya di sini.

10. Tiffany & co. x Supreme

Tiffany & co. x SupremeTiffany & co. x Supreme (Foto: Instagram/@tiffanyandco)

Kolaborasi yang tak disangka-sangka kembali terjalin. Kali ini, giliran merek perhiasan Tiffany & Co. dan skateboard brand Supreme.

Tiffany & Co. mengumumkan kolaborasi bersama Supreme untuk koleksi perhiasan musim gugur 2021 lewat sebuah unggahan di akun Instagram resmi mereka. "Tiffany & Co. has worked with Supreme on a new collection for Fall 2021," tulis brand yang eksis sejak 1837 itu. Intip kolaborasi mereka selengkapnya di sini.



Simak Video "Mengintip Penampilan Lady Gaga di Film 'House of Gucci'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)