ADVERTISEMENT

The Fabulist 2021

8 Kosa Kata Viral di Tahun 2021, Ada Ghosting, Ikoy-ikoyan, Sampai TBL

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 15 Des 2021 19:00 WIB
Young woman using cell phone to send text message on social network at night. Closeup of hands with computer laptop in background Foto: (Thinkstock)
Jakarta -

Tren kata-kata atau bahasa gaul selalu saja berganti dan muncul setiap tahunnya. Bahasa gaul tersebut biasanya tersebar dari mulut ke mulut atau seringkali digunakan di media sosial.

Di tahun 2021 juga ada beberapa kata-kata atau bahasa gaul yang sempat viral dan banyak digunakan. Berikut ini beberapa kata-katanya, ada ghosting, ikoy-ikoyan, hingga TBL.

Ghosting

Istilah yang satu ini banyak digunakan dalam dunia percintaan untuk menggambarkan hubungan yang berakhir tanpa kejelasan. Ghosting terjadi jika seseorang yang kamu dekati atau kencani tiba-tiba saja mengakhiri hubungan dengan memutus semua komunikasi tanpa memberikan penjelasan. Padahal sebelumnya kamu dan dirinya sudah beberapa kali pergi kencan atau bahkan menjalani sebuah hubungan spesial.

Ikoy-ikoyan

Ikoy-ikoyan adalah tren membagi-bagikan uang melalui direct message kepada para pengikut di Instagram. Tren yang satu ini dipopulerkan oleh Arief Muhammad. Kata Ikoy sendiri diambil dari nama salah satu karyawan Arief Muhammad, yaitu Rizqi Fadillah yang kerap dipanggil Ikoy. Awalnya melalui Ikoy lah Arief membagikan hadiah berupa uang, makanan, vitamin, hingga ponsel ke para pengikutnya.

Jamet

Istilah jamet banyak digunakan di media sosial. Kata jamet sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama namun sempat banyak digunakan di tahun 2021. Jamet sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari 'Jawa Metal' atau 'Jajal Metal'. Kata tersebut tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak manapun, biasanya digunakan untuk orang-orang yang dianggap berpenampilan seperti personil band metal. Baik pakaian, aksesori, maupun riasan yang digunakan sama sekali tidak memberikan kesan keren.

Gelay

Kata gelay menjadi viral usai muncul di video Nissa Sabyan. Dalam video tersebut Nissa Sabyan tampak sedang menghampiri teman-temannya di bandara. Nissa kemudian terdengar mengucapkan kalimat, "Assalamualaikum, kalian nungguin aku nggak? Nggak mau, nggak suka gelay."

Kata gelay sendiri sebenarnya merupakan plesetan dari kata geli. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata gelay bisa diartikan sebagai perasaan ketika sedang digelitik.

Insecure

Kata insecure sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kembali populer dan banyak digunakan di tahun 2021. Insecure biasanya digunakan untuk menggambarkan perasaan cemas, tidak mampu, dan tidak percaya diri. Kata insecure juga bisa digunakan ketika seseorang sedang merasa tidak aman.

Uwu

Istilah yang satu ini banyak digunakan di media sosial. Kata uwu sendiri biasanya dipakai untuk menggambarkan perasaan ketika melihat pasangan yang romantis atau punya relationship goals.

Halu

Halu sebenarnya merupakan singkatan dari halusinasi. Kata halu sering dipakai untuk orang-orang yang suka berkhayal atau berandai-andai terlalu tinggi.

TBL

Kata TBL menjadi salah satu kata populer yang belakangan ini banyak digunakan oleh warga TikTok. TBL sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari 'Takut Banget Lho'. Kata TBL dipopulerkan oleh Rifaldy Pratama yang memiliki akun TikTok @bondol.jpg. Dalam video itu Rifaldy terlihat menjawab pertanyaan terkait bentuk singkatan kata yang tidak penting. Rifaldy mengatakan bahwa kata TBL biasanya dipakai oleh dirinya dan teman-teman ketika menghadapi situasi darurat.

(vio/vio)