Jelang Lebaran 2021, Baju Koko Kurta Mulai Diburu di Tanah Abang

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 25 Apr 2021 03:30 WIB
Tren baju lebaran pria. Tren baju koko di Tanah Abang untuk baju Lebaran 2021. Foto: Vina Oktiani/Wolipop
Jakarta -

Meski Lebaran masih 17 hari lagi, tak sedikit masyarakat yang sudah melakukan beragam persiapan untuk menyambut hari besar tersebut. Salah satunya adalah dengan berbelanja baju Lebaran.

Tak hanya baju wanita, busana Lebaran untuk pria pun diburu. Para pedagang baju koko di Tanah Abang banyak memajang berbagai jenis baju Koko dan yang dominan adalah model kurta.

"Ni yang model-model kurta. Kurta itu model Koko tapi bawahnya lebih panjang. Kalau Koko kan modelnya biasa. Ini fashionnya model panjang ke bawah," jelas ibu Ena, pemilik Zika Collection, salah satu toko di Tanah Abang saat diwawancarai Wolipop pada Kamis (22/4/2021).

Tren baju lebaran pria.Tren baju lebaran pria. Foto: Vina Oktiani/Wolipop

Ibu Ena menjelaskan bahwa tahun ini baju Lebaran pria yang lebih banyak diminati adalah yang memiliki warna-warna berani dan polos. Untuk bahan-bahan yang digunakan sendiri cukup beragam, ada yang menggunakan katun Madinah, ada juga yang menggunakan katun import. Perbedaannya ialah jika katun madinah biasanya lebih halus.

Tren baju lebaran pria.Tren baju koko di Tanah Abang untuk Lebaran 2021. Foto: Vina Oktiani/Wolipop

Untuk soal harga, baju koko yang dijual di toko Tanah Abang ini mulai dari Rp 35 ribu saja. Harga tersebut didasari pada model dan bahan dari masing-masing pakaian.

"Kalau Koko paling murah dari harga Rp 35 ribu sampai Rp 150 ribu. Kalau Rp 35 ribu kita nggak ecer tapi, minimal 10 pieces," jelas ibu Ena.

Sedangkan untuk baju Lebaran pria model kurta yang tengah banyak diminati harganya sedikit lebih mahal. Baju Lebaran model kurta dijual dengan harga mulai dari Rp 75 ribu. Hingga saat ini Ibu Ena mengaku sudah menjual lebih dari 200 kodi baju koko model kurta.

Untuk baju koko kurta ini sebenarnya bukan lagi merupakan model baru. Ibu Ena mengaku sudah menjual baju koko kurta ini sejak tahun kemarin.

Apa Itu Baju Koko Kurta?

Kurta berasal dari bahasa Urdhu atau Persia, yang berarti pakaian berpotongan kemeja tanpa kerah, dengan panjang selutut. Potongan kurta juga longgar dan lurus dari bahu hingga panggul. Bagian pergelangan tangannya juga dibuat loose, tanpa cuff seperti kemeja.

Kurta merupakan pakaian tradisional dari beberapa negara seperti India, Nepal, dan Pakistan. Dipakai di berbagai negara, kurta memiliki desain yang beragam.

Di India, kurta tak hanya dipakai oleh pria tapi juga oleh wanita. Jenis kurta yang populer di India adalah Hyderabadi Kurta, yaitu kurta berpotongan V-neck dengan bahan bertekstur tebal dan bermotif etnik.

(vio/vio)