Gucci Rilis Sepatu Fake Not, Sindir Kamu yang Suka Barang KW

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 18 Nov 2020 18:33 WIB
Sneakers Gucci Fake Not Sneakers Gucci 'Fake Not' untuk menyindir pembeli barang palsu. (Foto: Instagram/@gucci)
Milan -

Peredaran produk mode palsu tentu sangat meresahkan banyak pihak, termasuk Gucci sebagai sebuah rumah mode. Betapa tidak, tahun lalu Gucci masuk di daftar 10 high-end brand yang produk KW-nya paling banyak bermunculan.

Upaya hukum sudah ditempuh untuk menyetop peredaran barang palsunya. Pada Desember 2019, Gucci melayangkan gugatan terhadap puluhan situs yang menjual produk-produk palsu dengan logonya.

Di luar itu, Gucci juga punya cara tersendiri untuk menyentil pembeli barang palsu. Baru-baru ini, merek berbendera Italia ini merilis kampanye 'Fake Not' berbarengan dengan kehadiran koleksi Fall/Winter 2020 di toko-tokonya.

[Gambas:Instagram]



"Sebuah interpretasi ironis dari rumah mode pada konsep pemalsuan, kata 'Fake' dan 'Not' hadir di tas koper kanvas monogram #GucciFakeNot dari #GucciFW2020," demikian tulis Gucci di keterangan sebuah unggahan foto di Instagram-nya. Disebutkan pula bahwa Direktur Kreatif Gucci Alessandro Michele yang menciptakan kampanye ini.

Koleksinya sendiri sudah diperkenalkan kepada publik saat Men's Milan Fashion Week Fall/Winter 2020-2021 pada Januari 2020 lalu.

A model wears a creation as part of the Gucci men's Fall-Winter 2020/21 collection, that was presented in Milan, Italy, Tuesday, Jan. 14, 2020. (AP Photo/Luca Bruno)Fashion Show Gucci di Men's Milan Fashion Week Fall/Winter 2020-2021. (Foto: AP Photo/Luca Bruno)

Selain koper, tulisan Fake Not juga menghiasi fashion item lain. Mulai dari outerwear monogram Gucci bersiluet ponco, dompet, pouch, tas punggung, dompet, hingga sneakers. Di situs Gucci, sneakers model low top yang dihiasi aksen kulit tersebut dijual seharga US$ 680 atau Rp 9,5 juta.

Sindiran tentang produk palsu lewat karya sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Alessandro. Pernah desainer beraliran maksimalis ini meluncurkan koleksi pakaian dan aksesori yang dihiasi tulisan 'Guccy'. Penulisan nama yang salah tersebut ternyata sering ditemui di produk-produk palsu Gucci.

FLORENCE, ITALY - MAY 29:  A model walks the runway at the Gucci Cruise 2018 show at Palazzo Pitti on May 29, 2017 in Florence, Italy.  (Photo by Pietro D'Aprano/Getty Images)Koleksi Gucci Cruise 2018 yang menampilkan fashion item 'Guccy'. (Foto: Pietro D'Aprano/Getty Images)
(dtg/dtg)