Presiden Turki Serukan Boikot Merek Prancis, Tas Hermes Istrinya Diklaim KW

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 02 Nov 2020 15:36 WIB
Turkish President Recep Tayyip Erdogan and his wife Emine Erdogan arrive at Kansai airport in Izumisano city, Osaka prefecture, on June 27, 2019 ahead of the G20 Osaka Summit. (Photo by CHARLY TRIBALLEAU / AFP) Foto: CHARLY TRIBALLEAU / AFP
Jakarta -

Istri Presiden Turki, Emine Erdogan ikut menjadi sorotan gara-gara foto penampilannya membawa tas Hermes viral setelah suaminya, Recep Tayyip Erdogan, menyerukan boikot produk-produk Prancis. Kini seorang kolumnis pro pemerintah mengklaim bahwa tas Hermes Emine bukan asli alias palsu atau KW.

Adalah seorang kolumnis dari media pro pemerintah Hurriyet bernama Hande Firat yang mengeluarkan klaim soal tas Hermes milik Emine Erdogan. Pada 30 Oktober 2020, Hande menulis di kolom media Huriyet bahwa tas yang dipakai Emine merupakan versi tiruan dari Hermes.

Tulisan mengenai tas Hermes Emine Erdogan itu dibuat Hande Firat setelah istri sang presiden juga dihujat akibat seruan boikot produk Prancis dari suaminya. Salah satu hujatan itu datang dari pimpinan Cumhuriyet Halk Partisi atau Partai Republik Turki Kemal Kılıcdaroglu yang meminta Presiden Erdogan atau istri sang presiden, Emine Erdogan untuk membakar tas Hermes yang dimiliki. Menurutnya pembakaran tersebut sesuai dengan seruan yang disampaikan Erdogan.

emine erdogan, istri presiden turkiEmine erdogan, istri presiden Turki Foto: Twitter

"Bisakah masyarakat beli produk Prancis? Para sosialita kepresidenan bisa mengimplementasikan boikot tersebut. Mereka punya pesawat buatan Prancis, jualah secepatnta. Nyonya Emine punya tas (Hermes-red). Dia seharusnya membakarnya di taman istana kepresidenan dan mengatakan 'aku protes'," ujar Kemal seperti dikutip dari media Turki, duvarenglish.

Dalam tulisannya, Hande Firat mengungkapkan saat berpergian, Emine Erdogan sebisa mungkin memilih memakai tas dari brand yang tidak dikenal. Emine juga diklaim lebih menyukai tas merek lokal alias buatan Turki.

"Dia tidak membeli tas dengan harga yang mahal. Dia membeli tiruannya atau imitasi, bukan yang original," tulis Firat di kolomnya.

BERLIN, GERMANY - SEPTEMBER 27:  Turkish President Recep Tayyip Erdogan and his wife Ermine arrive at Tegel Airport on September 27, 2018 in Berlin, Germany. Erdogan is coming for a three-day visit to Germany that will include meetings with German President Frank-Walter Steinmeier and Chancellor Angela Merkel in Berlin and the inauguration of a new mosque in Cologne. German-Turkish relations have been troubled over the last year following the arrest of German nationals in Turkey whom the Turkish government charges with supporting terrorism.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images)Presiden Erdogan dan istrinya Emine Erdogan. Foto: Sean Gallup/Getty Images

Firat juga menuliskan sumbernya di pemerintahan mengatakan saat ini Emine Erdogan sangat peduli dengan permasalahan lingkungan. Apalagi Emine menjadi pemimpin dalam proyek nol-sampah. Oleh karena itu dia sebisa mungkin memakai produk yang ramah lingkungan, termasuk dalam urusan tas.

Tulisan Hende Firat di media pro pemerintah Turki ini pun ramai dibahas netizen. Salah seorang netizen yang dikenal sebagai pengacara kemanusiaan Turki bernama Kerem Altiparmak mempertanyakan klaim Firat tersebut.

Dia menuliskan di Twitter, tas Hermes Emine Erdogan ini sebelumnya sudah pernah menjadi sorotan pada 2019. Bahkan seorang wartawan Turki bernama Ender Imrek yang mengkritisi gaya Emine memakai tas ratusan juta di saat rakyat terdampak krisis ekonomi, kini harus menjalani sidang karena dituntut atas tulisannya tersebut.

"Saat itu tidak ada seorang pun yang menyebutkan bahwa tas itu tiruan. Saat boikot produk Prancis dimulai, Hande Firat baru menemukan bahwa tas tersebut palsu," begitu Kerem menulis. Kerem menambahkan dalam sidang di mana Ender menjadi terdakwa, menurutnya, tak ada satupun pihak pemerintah yang mengeluarkan pernyataan bahwa tas tersebut palsu.

Sebenarnya selain Hermes, Emine Erdogan juga beberapakali tertangkap kamera memakai tas merek Prancis lainnya yaitu Chanel. Emine terlihat menenteng tas Chanel saat menemani suaminya melakukan kunjungan kenegaraan ke Hungaria dan China.



Simak Video "Pesona Jihane Almira yang Masuk Nominasi Wanita Tercantik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/dtg)