Sneakers Michael Jordan Terjual Rp 9 M, Rekor Termahal di Dunia

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 15 Agu 2020 07:01 WIB
Sneakers Jadul Michael Jordan Sneakers Michael Jordan yang dilelang Christie's laris terjual Rp 9 miliar. (Foto: Instagram/@christiesinc)
London -

Meski sudah lama pensiun dari dunia basket, atlet legendaris Michael Jordan tetap mendapat tempat di hati para pengagumnya. Terbukti, memorabilia Michael selalu menjadi incaran. Tak peduli seberapa mahal barang tersebut, pasti akan laris terjual.

Salah satunya sneakers Air Jordan yang dilelang oleh balai lelang Christie's ini. Michael Jordan pernah memakai sneakers berwarna merah-putih tersebut dalam sebuah pertandingan persahabatan di Italia pada 1985.

Dilansir dari DW, mantan pentolan Chicago Bulls itu memasukkan bola basket begitu keras sampai-sampai papan ring yang terbuat dari kaca pecah. Pecahan kacanya menempel di sol sneakers.

"Ini sepatu asli dengan pecahan kaca yang ada di solnya," ungkap Caitlin Donovan yang mengepalai bagian penjualan sneakers dan tas Christie's. Dengan sepatu berukuran 13,5 tersebut, Michael Jordan berhasil mencetak 30 poin.

Begitu bernilainya, sneakers yang telah usang tersebut terjual dengan harga yang cukup fantastis: US$ 615 ribu atau sekitar Rp 9 miliar!

Harga tersebut melampaui rekor nilai sneakers Air Jordan yang dilelang Sotheby's pada Mei lalu. Penawaran tertingginya mencapai US$ 560 ribu atau sekitar Rp 8,3 miliar.

[Gambas:Instagram]



"Diproduksi antara Februari dan April 1985, Jordan memakai sepasang Air Jordan 1 di awal dan titik terpenting kariernya, sekaligus memulai popularitas sneakers," jelas Sotheby's tentang sneakers tersebut seperti dikutip CNN.

Uniknya, ukuran sneakers kaki kiri berbeda dengan kaki kanan sesuai ukuran kaki Michael Jordan, yakni 13 dan 13,5. Pada sneakers kaki kanan, terdapat tanda tangan Michael Jordan.

(dtg/dtg)