Sneakers Michael Jordan dari 1985 Terjual Rp 8 M, Pecahkan Rekor Dunia

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 18 Mei 2020 12:27 WIB
Sneakers Air Jordan 1 Foto: Dok. Sotheby's
New York City -

Sepasang sneakers Air Jordan 1 yang pernah dipakai oleh Michael Jordan memecahkan rekor dunia pelelangan. Sepatu tersebut laku hingga miliaran rupiah dalam sebuah pelelangan online yang digelar Sotheby's, Minggu (17/5/2020).

Meski dunia masih bergumul dengan COVID-19, antusiasme peserta di pelelangan tersebut sangat tinggi. Terbukti, penawaran tertingginya mencapai US$ 560 ribu atau sekitar Rp 8,3 miliar. Padahal, estimasi harga sneakers keluaran Nike pada 1985 itu tadinya hanya mentok di angka US$ 150 ribu.

Harga tersebut melampaui rekor Nike Moon Shoe yang terjual US$ 437.500 di balai lelang yang sama tahun lalu.

[Gambas:Instagram]



"Setelah perang penawaran yang membuat nilai sepatu tersebut naik US$ 300 ribu pada 25 menit terakhir, sneakers tersebut akhirnya berhasil terjual dengan harga 3,5 kali lipat dari harga estimasi tertinggi, US$ 150 ribu" demikian pernyataan Sotheby's seperti dikutip CNN.

Para peserta lelang yang terdiri dari 10 penawar datang dari enam negara di empat benua.

Pada masanya, Air Jordan 1 yang dilelang Sotheby's ini sangat spesial. Selain didesain khusus oleh Nike untuk Michael Jordan, sneakers bertali merah tersebut juga menjadi saksi buta awal mula kesuksesan pebasket legendaris yang pernah bermain untuk Chicago Bulls itu.


"Diproduksi antara Februari dan April 1985, Jordan memakai sepasang Air Jordan 1 di awal dan titik terpenting kariernya, sekaligus memulai popularitas sneakers," jelas Sotheby's.

Uniknya, ukuran sneakers kaki kiri berbeda dengan kaki kanan sesuai ukuran kaki Michael Jordan, yakni 13 dan 13,5. Pada sneakers kaki kanan, terdapat tanda tangan Michael.



Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)