Viral Verificator

Cerita PNS Viral Jadi #manusiatanpacicilan, Beli Rumah hingga Mobil Cash

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 24 Apr 2022 18:30 WIB
PNS viral di media sosial, manusia tanpa cicilan utang. Foto Faik dan Istri. Foto: Dok. pribadi @Fajar Sidik.
Bandar Lampung -

Baru-baru ini beredar di media sosial pria yang mengaku tidak mempunyai utang. Viral dengan menggunakan hashtag #manusiatanpacicilan, sang pria mengaku membeli motor, mobil dan rumah secara tunai atau cash.

Pria yang viral itu membagikan pengalamannya lewat akun TikTok @bang_faik. Pria tersebut bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama 12 tahun di Kementerian Keuangan.

"Pencapaianku PNS Kemenkeu selama 12 tahun. Honda beat (cash), Avanza 2010 (cash), rumah tipe 36 (cash), utang? Tidak ada #manusiatanpacicilan," tulis akun TikTok @bang_faik.

Dalam video yang berdurasi 21 detik itu ia memperlihatkan motor, mobil hingga rumah yang dibelinya tanpa cicilan alias dibayar tunai. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 563 ribu Views dan mendapatkan beragam komentar. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Fajar sidik atau biasa dipanggil bang Faik yang mengunggah video viral dengan hashtag #manusiatanpacicilan. Ia menceritakan alasan membuat video tersebut.

"Video TikTok yang saya buat tentang memberikan perspektif lain pada ASN yang saat itu ramai merinci pencapaian kehidupannya seperti rumah dan kendaraan. Namun di akhir video menampilkan utang bank (semua didapat dari utang)," kata Faik kepada Wolipop lewat WhatsApp, Sabtu (23/4/2022).

Pria yang berusia 38 tahun itu membenarkan jika membeli rumah hingga mobil dengan pembayaran secara tunai dan tidak menyicil.

"Ya Insya Allah. Semua dibeli dengan cash. Alhamdulillah banyak kemudahan. Mobil Avanza bekas tahun 2010 dibeli Rp 85 juta cash, rumah tipe 36 (bekas) dengan harga Rp 160 juta juga cash. Semua memang butuh pengorbanan. Kita perlu memilih dan memilah prioritas kehidupan kita," ucap Faik.

PNS viral di media sosial, manusia tanpa cicilan utang.PNS viral di media sosial, manusia tanpa cicilan utang. Foto: Dok. TikTok @bang_faik.

Sebelum mempunyai rumah sendiri Faik, istri dan ketiga anaknya tinggal di rumah kontrakan. "12 tahun kerja waktu yang cukup lama untuk bersabar untuk memiliki rumah dan mobil, menjalani kehidupan dengan mengontrak dan mengendarai motor kemana-mana. Hidup sesuai budget, nggak usah ribet," tegasnya.

Pria yang tinggal di Bandar Lampung itu ingin memberikan perspektif lain bahwa menjadi pegawai pemerintahan tidak harus terlihat mewah. Menjadi pegawai pemerintahan bisa membeli harta kepemilikan secara tunai melalui pengelolaan keuangan dengan baik.

"Bersabar menghadapi tahapan kehidupan, membeli yang diinginkan tanpa harus berutang, membeli barang-barang tidak harus baru (beli bekas menyesuaikan kemampuan keuangan)," lanjut Faik.

"Saya memiliki kendaraan Avanza tahun 2010 ataupun rumah tipe 36, semuanya bekas dan nggak harus malu dengan semua itu. Kesederhanaan seperti presiden Jokowi tunjukkan harus menjadi ruh bagi ASN di indonesia. Terpenting juga mengikuti arahan ibu menteri keuangan Sri Mulyani untuk hidup penuh dengan perencanaan keuangan yang baik," pungkasnya panjang lebar.

(gaf/eny)