Contoh Format Surat Lamaran Kerja yang Benar, Biar Dilirik HRD

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 13 Sep 2021 19:31 WIB
Contoh surat lamaran kerja. Foto: Getty Images/Marco VDM Contoh surat lamaran kerja. Foto: Getty Images/Marco VDM

Apa yang Harus Ditulis di Setiap Bagian Surat Lamaran Kerja

Dalam menulis format surat lamaran kerja, ada juga aturan yang ditetapkan untuk bagian-bagian dalam surat itu. Mulai dari salam sampai tanda tangan, dan bagaimana surat itu diatur.

Berikut ini format surat lamaran kerja dan apa saja yang harus ditulis:

1. Judul atau Headline Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja harus dimulai dengan informasi kontak kamu dan perusahaan (nama, alamat, nomor telepon, email) diikuti dengan tanggal. Jika ini adalah email dan bukan surat yang sebenarnya, sertakan informasi kontak kamu di akhir surat, setelah tanda tangan.

2. Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja

Kalimat pembuka surat lamaran kerja adalah dimulai dengan salam. Salam yang paling umum adalah "Dear Mr./Ms." / Yth diikuti dengan nama belakang orang tersebut. Cari tahu lebih lanjut tentang salam surat pengantar yang tepat, termasuk apa yang harus dilakukan jika kamu tidak tahu nama orang tersebut, atau tidak yakin dengan jenis kelamin kontak.

3. Isi Surat Lamaran Kerja

Pikirkan bagian ini sebagai tiga bagian yang berbeda. Pada paragraf pertama surat lamaran kerja, kamu menyebutkan pekerjaan yang akan dilamar dan di mana kamu melihat lowongan pekerjaan tersebut.

Paragraf berikutnya adalah bagian terpenting dari surat lamaran kerja. Ingat bagaimana kamu mengumpulkan semua informasi tentang apa yang dicari perusahaan atau HRD, dan bagaimana kamu dapat memenuhi kebutuhan mereka? Di sinilah kamu akan membagikan detail yang relevan tentang pengalaman dan pencapaian kamu.

Bagian ketiga dan terakhir dari format surat lamaran kerja akan menjadi ucapan terima kasih kamu kepada perusahaan. Kamu juga dapat menawarkan informasi tindak lanjut dari surat tersebut.

3. Penutup Surat Lamaran Kerja

Tutup email atau surat lamaran kerja kamu dengan sopan, seperti kalimat "Hormat kami", diikuti dengan nama kamu.

Contoh Penutup:

Tanda tangan: saat kamu mengirim atau mengunggah surat lamaran kerja yang dicetak atau print, akhiri dengan tanda tangan kamu, tulisan tangan, diikuti dengan nama yang kamu ketik. Jika ini adalah email, cukup sertakan nama yang kamu ketik, diikuti dengan informasi kontak kamu.

Itu tadi format surat lamaran kerja yang harus diperhatikan dan dapat dijadikan contoh. Semoga bagi kamu pejuang pencari kerja, ini bisa membantu mendapatkan pekerjaan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)