Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bikin Kamu Dapat Panggilan Wawancara

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 05 Nov 2020 15:46 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bisa Jadi Referensi Melamar. Foto: iStock
Jakarta -

Sedang mencoba mendapat kerja dan mencari contoh surat lamaran kerja? Mengingat banyaknya pelamar dari sedikitnya lowongan belakangan ini, kamu memang perlu mempersiapkannya dengan matang.

Salah satu cara untuk 'menjual diri' agar lebih dilirik perusahaan memang melalui dokumen yang terlihat menjanjikan. Bagaimana contoh surat lamaran kerja yang bikin kamu dapat panggilan wawancara? Intip tips-tipsnya.

Seberapa Penting Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran bisa cukup mempengaruhi kesempatan seseorang diterima kerja. Jika pelamar mengirimkan suratnya yang menjanjikan paling tidak ia akan dipanggil untuk wawancara. Karena itu, mencari referensi contoh surat lamaran yang baik juga penting dilakukan. Di 2020, contoh surat lamaran bisa dengan mudah ditemukan tapi temukan

Banyak orang mempertimbangkan apakah mereka harus membuat surat lamaran yang ditulis tangan atau tidak. Atau apakah dokumen tersebut harus dikirim dengan format doc atau pdf. Sebenarnya hal tersebut tergantung dari pilihan masing-masing tapi sesuaikan pula dengan perusahaan yang ingin dilamar.

Jika kantor yang akan dituju adalah PT atau termasuk formal, sebaiknya diketik saja dan dibuat secara simple dan terstruktur. Sementara jika kamu melamar untuk industri kreatif, mungkin bisa menulis tangan atau membuatnya seunik mungkin. Sesuaikan contoh surat lamaran kerja yang ditemukan dengan tempat kerja dan posisi yang diincar.

Mengingat belakangan lebih banyak orang mengirim surat lamaran kerja melalui email bahkan aplikasi pesan, lebih baik menyiapkannya secara digital. Agar praktis dan bisa dibacakan di berbagai gadget, kamu bisa membuatnya dalam bentuk pdf atau jpg. Namun jika ingin mengirimkannya dalam kertas, kamu boleh menulisnya dengan tangan.

Tips Menulis Surat Lamaran

Sebelum mencari contoh surat lamaran yang baik dan benar, kamu perlu mengetahui tips membuatnya. Untuk meningkatkan nilai jual resume kamu di depan perekrut atau calon manajer, berikut beberapa di antaranya:

1. Pastikan surat lamaran kerja singkat dan padat. Jika bisa kirim cukup satu halaman saja karena ini hanya berupa perkenalan singkat.

2. Gunakan bahasa yang formal dengan ejaan yang benar.

3. Jika ingin menuliskan prestasi dan kemampuan, pastikan daftar tersebut relevan dengan pekerjaan yang dilamarkan.

4. Hindari terlalu 'menjual diri' yang membuat perekrut jadi kurang tertarik.

5. Lampirkan beberapa surat pendukung misalnya sertifikat akademis atau SIM jika dibutuhkan.

Contoh surat lamaran kerja yang umum biasanya memuat tempat dan tanggal pembuatan, perusahaan yang dituju, salam, kata pengantar atau covering letter, biodata pribadi, pengalaman kerja, dan penutup. Baik kamu ingin melamar di toko atau pt sebagai karyawan, berikut contoh-contohnya format surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Kepada YTH.

HRD BANK PT. Kemakmuran
Jln. Kebagusan Jakarta


Dengan hormat,

Sesuai dengan dengan lowongan kerja yang saya temukan di media sosial PT. Kemakmuran, saya ingin melamar untuk posisi sekretaris seperti yang diinformasikan. Berikut data singkat saya:

Nama : Puteri Megasari
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 26 Oktober 1987
Alamat : Jl. Merpati Putih 5
No. Hand phone : 0812 3467 9011
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Strata satu

Dan berikut saya lampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Foto copy ijazah S-1
4. Foto copy KTP

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa mendapat kesempatan wawancara untuk bisa mengenalkan diri dengan lebih baik. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

( Puteri Megasari )

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Bekasi, 2 November 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. Pimpinan Bright Future Group
di Gedung Pencakar Langit, Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan di situs Jobdesk, saya bermaksud untuk melamar sebagai Media Social Specialist. Sebagai perkenalan diri, berikut beberapa data diri saya:

Nama : Stephanie Sari
Tempat/Tanggal Lahir : Depok, 18 Agustus 1987
Alamat : Jl. Sukamaju 15
No. Hand phone : 0812 3467 9019
Email : stephsari@gmail.com
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Status : Belum Menikah

Saya adalah lulusan S1 jurusan Komunikasi yang punya ilmu dan pengalaman sebagai Media Social Specialist. Saya punya pengalaman magang dan bekerja dengan job desk yang diinformasikan selama tiga tahun belakangan. Saya berharap hal tersebut dapat menjadi menjadi pertimbangan untuk Bapak/Ibu memberikan kesempatan. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula:


1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Sertifikat Seminar dan Workshop

Saya berharap bisa bertemu dengan Bapak/Ibu dalam kesempatan wawancara baik bertemu secara langsung atau melalui video call. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapan terima kasih.

Hormat Saya

Stephanie Sari

Contoh Surat Lamaran 3 dalam Bahasa Inggris

August 2, 2020

The Chairperson
Human Resource Department
Mother and Children Hospital
Jakarta

Sir/Madam,

My name is Hanifa Bella and I am applying for a position for assistant nurse that would fit my qualification. I graduated from Universitas Gajah Mada with the degree of Bachelor of Science in Nursing this year.

I am hoping that my training dan experience in internships would make me at ease in dealing with patients dan coworkers if you gave me the opportunity. I am confident that I could make a good contribution for the hospital.

Attached are my resume dan credentials for your perusal.

Thank you.

Hanifa Bella.

Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang bisa jadi referensi kamu ketika ingin mencari pekerjaan. Semoga berhasil!

(ami/ami)