Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tim Wolipop - wolipop Rabu, 28 Agu 2019 05:22 WIB
Ilustrasi contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Foto: Dok. iStock Ilustrasi contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Mendapatkan pekerjaan menjadi tujuan sebagian besar orang setelah menyelesaikan pendidikan. Sayangnya mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang yang masih terkendala akan lamaran atau proses melamar pekerjaan.

Apa itu Melamar Pekerjaan dan Lamaran Pekerjaan ?

Bagi kamu yang baru saja lulus sekolah dan masih belum paham, melamar pekerjaan merupakan sebuah kegiatan di mana kamu melakukan penawaran diri terhadap kompetensi atau kemampuan yang kamu miliki pada sebuah perusahaan. Penawaran diri ini bisa dilakukan melalui sebuah kertas atau dokumen resmi bertandatangan. Kamu juga perlu melakukan proses wawancara dengan perusahaan yang dituju.

Umumnya lamaran pekerjaan diberikan kepada perusahaan di mana kamu ingin bekerja. Melamar pekerjaan sendiri menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi beberapa orang karena kesabaran kamu akan diuji untuk bisa melakukan lamaran ke setiap perusahaan yang kamu dambakan. Karena bisa jadi kamu tidak diterima untuk pekerjaan itu atau terlalu banyak orang yang melamar di posisi yang sama di satu perusahaan.

Untuk itu banyak trik dan tips yang bisa dilakukan agar lamaran pekerjaan kamu diterima. Salah satunya dengan membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dan mengandung informasi bagus. Karena pegawai perusahaan tersebut belum pernah bertemu kamu, maka lebih baik jika kamu bisa mengemas contoh surat lamaran kerja menjadi sebuah informasi yang bukan hanya berisikan tentang kondisi kamu. Buatlah surat lamaran kerja dengan mengemas informasi diri menjadi lebih bagus dan berkualitas. Surat lamaran juga bisa menunjukan karakter dan kualitas seseorang.



Ilustrasi membuat surat lamaran kerja.Ilustrasi membuat surat lamaran kerja. Foto: iStock


Tips dalam membuat surat lamaran kerja

Di bawah ini tips yang bisa kamu ingat-ingat saat membuat surat lamaran pekerjaan sehingga bisa menambah nilai jual pada resumemu:

1. Pastikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pilihlah bahasa yang resmi atau formal.

2. Gunakan kata-kata yang sopan namun resmi, karena kamu akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja

4. Hendaknya ditulis secara manual agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan kamu

5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.

6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Sertifikat-sertifikat ini menunjukan bahwa kamu memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

Format resume

Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume dan juga ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali kamu. Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal di bawah ini ada di surat lamaran kerja kamu:

1. Tempat dan tanggal penulisan

2. Perusahaan yang ditujukan

3. Salam hormat

4. Kata Pengantar

5. Biodata pribadi

6. Pengalaman kerja dan skill

7. Penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh 1

Yogyakarta, 10 Januari 2019

Kepada Yth.

Kepala bagian Personalia The Blitz

Jl. Abimanyu No. 123 Yogyakarta



Dengan Hormat,

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di Perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.

N a m a : Muhammad Attar
Alamat : Jl. Bunga Matahari no 98
Tempat dan Tanggal Lahir : Madiun, 4 Januari 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
No Telp : 0812 3467 8790

Dan sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:

Pas foto 4 x 6 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Ijazah Terakhir

Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak / Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.



Hormat Saya

( Muhammad Attar )



Contoh 2


Kepada YTH.

HRD BANK BCA Cabang Malang
Jln. A. Yani Malang


Dengan hormat,


Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di BANK BCA.
Berikut data singkat saya:

Nama : Dea Annisa Dharmawan
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
No. Hand phone : 0812 3467 9017
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Strata satu

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Customer Service. Dan saya melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )

2. Foto copy Transkrip Nilai

3. Foto copy ijazah S-1

4. Foto copy KTP

5. Pass foto 4 x 6 terbaru


Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh BANK BCA.



Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.



Hormat Saya

( Dea Annisa Dharmawan )



Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu ikuti. Buatlah surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Hal yang perlu kamu ingat adalah, surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan, akan menjadi pilihan yang banyak dipilih atau difavoritkan. Namun perlu kamu ingat bahwa menarik di sini bukan berarti dihias layaknya anak TK. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, jika bisa kamu mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus.

Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti Manager dan HRD. Jika kamu bisa menunjukan bakat dan kemampuan ketika melamar kerja, maka akan memiliki kesempatan emas untuk menampilkan siapa diri kamu dan bagaimana kamu sebenarnya, sehingga peluang untuk dipanggil sesi wawancara sangatlah besar. Kenapa bisa begitu? Karena ada juga perusahaan yang menilai bukan hanya dari skill saja melainkan juga dari sikap (attitude) yang kamu miliki dan bagus tidaknya surat lamaran kerja yang dikirimkan.




Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)