Tips dan Contoh Kalimat Pembuka dalam Surat Lamaran Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 08:13 WIB
Businesswomen and men laughing sitting at conference table Foto: Thinkstock
Jakarta -
Agar cepat diterima kerja, pelamar memang harus memaksimalkan kesempatan mereka. Salah satunya adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang tak hanya baik dan benar tapi juga membuat terkesan. Hal tersebut bisa dimulai dengan membuat kalimat pembuka surat lamaran kerja yang tepat. Bagaimana contoh kalimat pembuka surat lamaran, berikut beberapa di antaranya beserta tipsnya.

Kalimat pembuka surat lamaran kerja memang bisa jadi sesuatu yang sulit. Kalimat pembuka surat biasanya ditempatkan di alenia pertama surat lamaran. Untuk memberi kesan profesional sekaligus kreatif, penting untuk memikirkan kalimat yang tepat. Meski ingin mengimpresi staf HRD dan calon manajer, disarankan untuk tidak berbelit-belit tapi terkesan personal.

To the Point
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat kalimat pembuka surat lamaran adalah membuatnya to the point. Tunjukkan bahwa kamu ingin melamar pekerjaan dan menginginkan posisi tersebut. Kamu bisa menulis, "Terkait dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari media sosial, saya tertarik untuk melamar posisi (...) di perusahaan (...)"

Ekspresikan Diri
Kalimat pembuka surat lamaran tentu bisa dibuat berdasarkan inisiatif sendiri. kamu bisa menyesuaikan kalimat dengan kepribadian dan bidang yang dilamar. Setelahnya kamu bisa berusaha menarik atensi perekrut dengan menampilkan bahwa memang tertarik untuk melamar di perusahaan itu.

Misalnya, "Saya pun berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa mendiskusikan bagaimana saya dapat berkontribusi pada posisi dan perusahaan ini."

Pamerkan Kemampuan
Untuk semakin meyakinkan calon bos, kalimat pembuka surat lamaran bisa juga memuat kemampuan-kemampuan kamu. Tuliskan bagaimana kamu bisa berkontribusi dengan keahlian yang dimiliki. "Saya merasa memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang (...) sehingga merasa cocok untuk lowongan tersebut dan berharap dapat bekerja di perusahaan (...),"

Sampaikan 'Kontak'
Beberapa orang mungkin mendapat informasi lowongan kerja bukan dari suatu postingan tapi direkomendasikan seorang teman. Hal tersebut sebaiknya juga disebutkan dalam kalimat-kalimat pembuka surat lamaran. "Saya mendapatkan informasi lowongan ini dari (...)" atau "(...) yang merekomendasikan posisi sebagai (...) karena dianggap punya pengalaman dan kemampuan yang cocok."

Gunakan 'Keyword'
Jika bisa masukkan beberapa kata atau karakteristik yang disebutkan dalam lowongan kerja. Misalnya saja jika disebutkan bahwa perusahaan mencari orang yang bisa berdedikasi untuk pekerjaan dan kreatif. Hal tersebut dapat ditaruh dalam kalimat pembuka surat lamaran kerja. Contohnya, "Saya yakin bisa berdedikasi dengan pekerjaan dan memberikan ide-ide kreatif jika diterima."



Simak Video "Tips Workout di Rumah ala Alia Basalamah"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)