Kisah Perjuangan Pria yang Tinggalkan Kuliah di UI Demi Jadi Prajurit TNI

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 02 Sep 2021 06:00 WIB
Muhammad Azmi Aldaffa Foto: YouTube TNI AD
Jakarta -

Banyak orang bermimpi bisa melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI). Namun pria bernama Muhammad Azmi Aldaffa rela meninggalkan kuliahnya di sana padahal sudah semester enam. Hal itu dilakukan demi bisa mengikuti akademi militer. Demi mewujudkan cita-citanya sejak kecil, Azmi pun rela mencoba bertahun-tahun sampai akhirnya diterima jadi taruna baru-baru ini.

Muhammad Azmi Aldaffa adalah seorang Kopral Taruna yang sedang menempuh pendidikan militer. Di akun YouTube TNI AD, pria tersebut bercerita mengenai perjuangannya sampai diterima sebagai taruna. Azmi juga mengungkap bagaimana ia beralih dari mahasiswa UI dan membuat orang terkejut dengan keputusan untuk malah bergabung dengan militer.

Muhammad Azmi AldaffaMuhammad Azmi Aldaffa Foto: YouTube TNI AD

Azmi mengatakan jika awalnya ia memang sudah bercita-cita masuk akmil setelah lulus SMA namun tidak lulus tes. Ketika itu, ia memutuskan untuk mengikuti SBMPTN dan diterima di jurusan Bahasa Rusia Universitas Indonesia. Tapi pria yang mendapatkan beasiswa tersebut tidak menyerah dan terus mencoba sampai hampir lulus.

Muhammad Azmi AldaffaMuhammad Azmi Aldaffa Foto: YouTube TNI AD

"Sembari kuliah saya tes akmil meskipun gagal tapi saya nggak pernah nyerah untuk tes lagi sampai alhamdulillah di 2020 saya dinyatakan resmi menjadi taruna akmil," ungkapnya.

Tekad Azmi untuk terus mencoba masuk akmil pun sempat mendapat tentangan dari orangtua. Mereka awalnya berharap Kopral Taruna itu bisa melanjutkan pendidikannya di UI. Tapi akhirnya ia dapat meyakikan mereka. Kepada ibunya, Azmi meminta doa restu untuk terakhir kalinya mencoba masuk akademi militer dan akhirnya berhasil.

Muhammad Azmi AldaffaMuhammad Azmi Aldaffa Foto: YouTube TNI AD

Ketika akhirnya masuk akmil, banyak orang mempertanyakan keputusannya untuk meninggalkan kuliah di UI. Azmi menjelaskan pilihannya. "Sampai sekarang kalau orang tahu saya pernah di UI dan tanya kenapa mau jadi taruna jawaban saya tiap orang punya mimpinya masing-masing.

"Mungkin orang kira jadi sarjana UI membanggakan tapi menurut saya tiap orang punya kebanggan yang beda-beda, kebanggaan saya di sini, lulus jadi Letnan 2 jadi akmil itu jadi kebanggan tersendiri," lanjutnya.

Azmi lanjut menjelaskan bahwa mengapa jadi taruna akmil adalah pilihan yang tepat. Ia menyukai kehidupannya yang teratur, bisa makan gratis, hingga belajar memahami orang dari berbagai suku. Kini Azmi fokus pada pendidikannya dan bercita-cita untuk menjadi atase di luar negeri.

(ami/ami)