Jangan Pilih 7 Jurusan Kuliah Ini Jika Ingin Langsung Digaji Tinggi

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Mei 2021 09:02 WIB
Shot of two young women using a laptop together in a college library Foto: iStock
Jakarta -

Setiap calon mahasiswa berharap masuk jurusan kuliah yang berpotensi membawa mereka pada karier cemerlang. Karena itu, banyak yang sengaja memilih jurusan populer bahkan sulit dengan harapan bisa cepat dapat kerja dan langsung bergaji besar. Jika itu yang kamu inginkan, sebaiknya hindari masuk jurusan-jurusan yang dinilai kurang menjanjikan dari segi penghasilan dan ketersediaan lowongan saat baru menapaki dunia kerja. Berikut tujuh di antaranya.

Ilmu Paralegal
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Georgetown University, jurusan ilmu paralegal adalah bidang studi yang perlu dihindari jika ingin langsung dapat gaji tinggi. Paralegal merupakan jurusan yang berhubungan dengan hukum tapi tujuannya adalah untuk membantu pengacara menghadapi klien. Dikatakan jika banyak firma hukum sekarang ini mengurangi biaya dengan tidak mempekerjakan paralegal lagi. Karena itu mungkin kesempatan kerja lebih sedikit.

Ilmu Olahraga
Industri kesehatan belakangan membutuhkan banyak terapis fisik dan okupasi. Sayangnya tidak terlalu banyak yang mencari lulusan dari jurusan ilmu olahraga. Meski begitu, kamu bisa tetap memilih bidang studi tersebut jika memang sesuai dengan minat atau berniat menjadi guru olahraga atau atlet.

Seni
Tak sedikit orang yang mengutamakan minat, bakat, atau mimpi sehingga tak terlalu peduli dengan gaji ketika memilih jurusan kuliah. Kamu yang berniat masuk jurusan seni pun perlu berpikir demikian. Dilaporkan jika 19% lulusan bidang studi ini tidak bekerja di industri yang seharusnya karena masalah penghasilan.

Musik
Musik juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang sebaiknya tidak dipilih jika menginginkan gaji besar. Mereka yang berbakat dalam hal musik mungkin memang bisa jadi terkenal dan kaya tapi tidak selalu karena lulus dari universitas dengan jurusan ini. Dikatakan jika kamu mungkin perlu punya pekerjaan kedua agar bisa tetap berkarier di bidang musik tapi menghasilkan gaji yang cukup.

Studi Religi
Ilmu religi dipilih banyak orang yang tertarik untuk mempelajari agama mereka lebih dalam untuk menjadi guru atau pemuka agama. Sayangnya bayaran yang stabil tidak bisa dijanjikan, begitu juga dengan ketersediaan lapangan kerja. Kamu mungkin bisa memilih jurusan agama kemudian bekerja di bidang lain untuk memenuhi kebutuhan.

Fotografi
Banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi. Seorang fotografer terkenal pun bisa dibayar tinggi untuk kemampuannya menghasilkan karya berkualitas. Tapi kebanyakan perusahaan umumnya hanya membutuhkan jasa freelance untuk beberapa proyek. Sedangkan studio pemotretan tidak terlalu banyak dibuka mengingat mudahnya membuat foto sekarang.

Antropologi
Antropologi bukanlah jurusan kuliah yang buruk. Tapi kamu yang ingin masuk bidang studi tersebut perlu mempertimbangkan bahwa kompetisinya tinggi sedangkan permintaan di dunia kerja bisa dibilang rendah. Dikatakan jika jurusan ini populer di kalangan mahasiswa tapi tidak di lapangan kerja jadi siapkan diri untuk merambah karier di bidang lain.

(ami/ami)